Seminar Nasional Ilmu Komputer 2019

Minggu, 21 Juli 2019 | 10:30 WIB



Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berkembang seiring berjalannya waktu melahirkan konsep-konsep modernisasi. Konsep yang dilahirkan ini bertujuan untuk mewujudkan masyarakat dimana manusia-manusia di dalamnya benar-benar menikmati hidup dan merasa nyaman. Belakangan santer dibicarakan konsep industry 4.0 yang masih berjalan dengan cepat akan digantikan dengan konsep society 5.0. Konsep society ini sendiri merupakan pengembangan dari industry 4.0 yang memunculkan model-model bisnis baru dengan strategi yang lebih inovatif. Bisa kita ambil contoh saat ini muncul berbagai startup-startup berbasis teknologi yang bisa dikatakan sudah mendunia seperti go-jek, tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya. Sedangkan era society 5.0 yang saat ini sedang dikembangkan adalah pengembangan dari era industry 4.0. Era industry 4.0 yang mengedepankan teknologi dan system informasi sebagai pemacu utamanya dilengkapi dengan ilmu pengetahuan berbasis modern seperti AI, robotik, IoT, dsb.

Dengan perkembangan era yang melaju cepat ini dengan Teknik Informartika dan Sistem informasi sebagai sebagai bahan bakarnya, memerlukan penguatan riset dan publikasi yang kuat. Untuk itu, jurusan Ilmu Komputer Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan Seminar Nasioal Ilmu Komputer 2019, Selasa (22/10/2019) di Hotel Noorman Semarang.
Seminar dengan tema Peran Hilirisasi Riset Teknologi Informasi dan Komputer Terhadap Society 5.0 menghadirkan pembicara Prof. Zainal Arifin Hasibuan (Ketua APTIKOM Indonesia dan Guru Besar Universitas Indonesia) dan Zaenal Abidin, P.h.D. (Pengajar di jurusan Ilmu Komputer UNNES). Harapannya, seminar ini dapat menjadi suatu wadah diskusi yang akan melahirkan inovasi-inovasi baru dalam mendukung perkembangan era society 5.0.
Kami mengundang bapak ibu peneliti, praktisi, dan akademisi untuk dapat berpartisipasi dengan mengirimkan makalahnya melalui laman: http://bit.ly/SNIK2019

* Selected Paper akan ditawarkan untuk terbit di Scientific Journal of Informatics (SJI) terindex SINTA 2.


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 127 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP
X