PPs Unnes Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Kamis, 28 April 2011 | 17:15 WIB



A. Rasional

Dalam rangka menyongsong globalisasi, idealnya pendidikan tidak hanya berorientasi pada masa lalu dan masa kini, tapi sudah harus mengantisipasi dan membicarakan masa depan. Pendidikan hendaknya melihat jauh kedepan dan memikirkan apa yang akan dihadapi peserta didik dimasa yang akan datang. Pendidikan yang baik ditandai tidak hanya mempersiapkan para siswa untuk sesuatu profesi atau pekerjaan, tetapi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu masalah pokok dalam pendidikan formal adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini ditandai dengan rerata hasil belajar peserta didik yang senantiasa masih sangat memprihatinkan. Prestasi tersebut tidak terlepas dari kondisi pembelajaran yang masih menerapkan pendekatan yang bersifat konvensional dan kurang menyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri yaitu tentang bagaimana belajar (belajar untuk belajar). Dalam pengertian substansial, bahwa proses pembelajaran masih didominasi guru dan kurang memberikan akses bagi peserta didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berfikirnya.

Apabila akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik, tentu tidak akan lepas dari upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Upaya peningkatan mutu pembelajaran harus segera dilakukan. Disisi lain perubahan paradigma pembejaran yang semula berorientasi pada guru beralih pada peserta didik, metodologi yang semula didominasi ekspositori berganti ke partisipatori, dan pendekatan yang semula bersifat tekstual berubah menjadi kontekstual.

Satu hal lagi, dengan pemberlakuan KTSP menghendaki pembelajaran tidak hanya mempelajari tentang konsep, teori, dan fakta tetapi sampai aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian materi pembelajaran tidak hanya tersusun atas hal-hal yang sederhana yang bersifat hafalan dan pemahaman, tetapi dalam materi yang komplek dan memerlukan analisis, aplikasi, dan sistesis. Untuk itu guru harus bijaksana dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai dan dapat menciptakan kondisi kelas yang kondusif agar tujuan pembelajaran tercapai optimal.

Untuk tujuan tersebut, PPS UNNES dalam rangka memperingati Dies Natalisnya menyelenggarakan lomba inovasi pembelajaran, dengan harapan karya-karya inovatif guru dapat diseminasikan dan dapat sebagai bahan rujukan guru-guru di sekolah lain.

B. Ketentuan Lomba

1.  Tema: Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Implementasi Pembelajaran Inovatif.

2.   Peserta lomba meliputi Mahasiswa S2- S3, Guru SD-MI/SMP-MTs./SMA-MA/SMK.

3.   Format penulisan: naskah diketik dengan spasi 1,5, Huruf Times New Roman,  Font 12, Margin atas 4cm, bawah 3cm, Kanan 3cm, Kiri 4cm, maksimal 25 halaman, Cover depan bertuliskan: 1) Judul; 2) Tuliskan “ Dalam Rangka Mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-guru Se Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh PPS UNNES Semarang”, 3) Nama Peserta, 4) Tempat Dinas, 5) Tahun.

4. Sistematika penulisan meliputi: 1) Abstrak, 2) Pendahuluan, 3) Kajian Teoretik,    4) implementasi/pembahasan, 5) Penutup, dan 6) Daftar Pustaka.

5. Aspek penilaian: Originalitas gagasan, Keinovatifan, Visibilitas implementasi, Kebahasaan, Logis dan runtut.

6.  Pengiriman naskah diterima paling lambat Sabtu, tanggal 21 Mei 2011 melalui     e-mail:   pps@unnes.ac.id.

7. Bagi yang lolos ke babak final, akan diundang untuk mempresentasikan karyanya di kampus PPs Unnes pada tanggal 30 Mei 2011

C. Hadiah

Pemenang juara  I :  memperoleh uang pembinaan Rp. 1.500.000, piagam, dan trofi

Pemenang juara  II:  memperoleh uang pembinaan Rp. 1.250.000, piagam, dan trofi

Pemenang juara III: memperoleh uang pembinaan Rp.  1.000.000, piagam, dan trofi

D. Mekanisme Lomba

1. Naskah diterima PPS melalui e-mail paling lambat 21 Mei 2011

2. Naskah yang diterima PPS diseleksi untuk menetapkan 5 (lima) naskah nominasi.

3. Peserta terpilih (nominator) akan diumumkan melalui Website: http://pps@unnes.ac.id dan dihubungi melalui nomor HP.(silakan tulis nomor Hp saudara pada biodata saudara sbg lampiran naskah)

4. Peserta terpilih (5 orang) diharapkan memaparkan karya tulisnya pada hari Senin, 30 Mei 2011 mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai, dihadapan 3 orang juri. Dan bagi peserta dari luar kota, PPS menyediakan tempat menginap di Mess PPS UNNES tanpa dipungut biaya.

5. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dilaksanakan pada petang harinya dalam acara puncak peringatan Dies Natalis Pps ke 14

6. Untuk lebih jelasnya silakan hubungi kontak person: 081575067233


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.094 kali
EDITOR : Sihono
X