Lomba Esai Indonesia Mitra Sejati Dunia

Selasa, 3 April 2018 | 10:54 WIB


The Habibie Center menyelenggarakan lomba menulis esai bertema “Indonesia #MitraSejati” bagi mahasiswa-mahasiswi di Indonesia. Kiprah Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia dan berkontribusi bagi pembangunan global, merupakan sebuah prestasi yang patut kita akui bersama.

Tuliskan pendapatmu tentang Indonesia sebagai #mitrasejati perdamaian dunia atau #mitrasejati pembangunan dunia!

Indonesia sebagai #mitrasejati perdamaian dunia telah ikut menjaga perdamaian melalui misi perdamaian PBB sejak tahun 1957. Indonesia juga memberikan bantuan kemanusiaan melalui pembangunan sekolah dan rumah sakit di wilayah-wilayah rentan di berbagai negara. Ada rekam jejak kita di berbagai peristiwa penting dunia: terbentuknya Gerakan Non-Blok, berdirinya ASEAN, dan berperan aktif dalam pembentukan hukum internasional seperti UNCLOS. Tidak dapat dipungkiri, aktifnya Indonesia merupakan upaya menjalankan politik luar negeri bebas aktif demi memenuhi amanat UUD ’45 untuk “ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”.Apakah tantangan utama bagi perdamaian dunia yang harus diperhatikan Indonesia? Bagaimanakah Indonesia dapat menyikapinya secara aktif dan konstruktif?

Pembangunan global juga menjadi salah satu perhatian utama Indonesia sebagai #mitrasejati pembangunan dunia. Kita hadir di berbagai forum yang berusaha mewujudkan kemakmuran bersama di dunia. Tidak dapat dipungkiri, banyak pekerjaan bersama bagi Indonesia dan negara-negara lain dalam isu pembangunan: ketimpangan yang menajam di dunia hingga perubahan iklim yang drastis. Diantara berbagai tantangan ini, bagaimana Indonesia dapat menjadi bagian dari solusi pembangunan global? Isu apa yang harus menjadi prioritas?

Syarat dan ketentuan :
– Jawab salah satu pertanyaan di atas (#MitraSejatiPerdamaianDunia atau #MitraSejatiPembangunanDunia)
– Jumlah huruf 1.000 kata ditulis dalam Bahasa Indonesia
– Diajukan maksimal pada tanggal 15 April 2018 pukul 23.59 WIB
– Daftarkan esai melalui bit.ly/EsaiIndonesiaMitraSejati
– Tulis #MitraSejatiPerdamaianDunia atau #MitraSejatiPembangunanDunia sebagai judul
– Pemenang akan diumumkan pada tanggal 18 April 2018
-Seluruh biaya perjalanan pemenang esai ke New York (termasuk penerbangan, akomodasi, dan makanan) akan ditanggung oleh penyelenggara


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 910 kali
EDITOR : Setyo Yuwono
X