Semarang, 28 Februari 2025 – Universitas Negeri Semarang (UNNES), melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang (LPPP UNNES), kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals / SDGs), khususnya Tujuan 4: Pendidikan Berkualitas, melalui penyelenggaraan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Batch 26
Kegiatan ini dilaksanakan secara daring berbasis Massive Open Online Course (MOOC) dari tanggal 24 hingga 28 Februari 2024, dan diikuti oleh 33 dosen muda dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) yang berasal dari universitas di provinsi DIY, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, dan Bali.
Pelatihan PEKERTI ini merupakan bagian dari implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik dan andragogik dosen, khususnya bagi mereka yang baru memulai karier akademik. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan memperkuat kualitas pengajaran, tetapi juga menjadi kontribusi nyata terhadap target SDG 4.c, yaitu meningkatkan jumlah pendidik yang berkualifikasi, termasuk melalui pelatihan internasional kerja sama.
Selama lima hari pelatihan, peserta mendapatkan materi yang strategis dan mendalam dari para instruktur profesional, meliputi: Kepemimpinan Visioner di Era Disrupsi Digital, Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi, Taksonomi Tujuan Instruksional, Model Pembelajaran Inovatif, Media Pembelajaran, Pembelajaran Orang Dewasa, Team Teaching, hingga Penilaian dan Peer Teaching.
Pelatihan ini juga dilengkapi dengan pre-test, post-test, serta sesi real teaching untuk mengukur secara langsung pemahaman dan keterampilan mengajar peserta, yang selaras dengan prinsip pengukuran mutu pendidikan secara berkelanjutan.
Partisipasi dosen dari berbagai wilayah Indonesia mencerminkan semangat kolaborasi lintas institusi, yang sejalan dengan SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Melalui pengembangan kapasitas dosen secara sistematis, UNNES turut memperkuat fondasi pendidikan tinggi yang inklusif, adil, dan berkualitas.




