Semarang, 6 Juli 2024 – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang (LPPP UNNES) menggelar Pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen muda sebagai upaya meningkatkan kompetensi pedagogik dan andragogik para pendidik. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring selama lima hari, mulai tanggal 1 hingga 5 Juli 2024.
Kegiatan yang diikuti oleh 40 dosen dari berbagai fakultas di UNNES ini merupakan bagian dari implementasi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam mendukung pengembangan kapasitas dosen, baik dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia. Program ini juga selaras dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengharuskan dosen memiliki empat kompetensi utama: profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial.
Pelatihan PEKERTI kali ini mengangkat pendekatan pembelajaran inovatif berbasis metode case method dan team-based project learning, sebagai ciri khas desain instruksional yang dikembangkan. Materi pelatihan mencakup berbagai topik strategis seperti Kepemimpinan Visioner di Era Disrupsi Digital, Strategi Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi, Desain Instruksional, Model Pembelajaran Inovatif, Media Pembelajaran, Teori Belajar dan Motivasi, hingga Praktik Peer Teaching dan Real Teaching.
Para peserta akan dibimbing langsung oleh instruktur profesional yang berpengalaman di bidangnya. Kegiatan ini juga mencakup pre-test dan post-test untuk mengukur efektivitas pelatihan, serta penyusunan perangkat pembelajaran yang aplikatif.
Dalam laporan pembukaan kegiatan, panitia pelaksana menyampaikan harapannya agar pelatihan ini dapat memperkuat kapasitas dosen UNNES dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik dan pembelajar yang adaptif terhadap perubahan zaman.
Acara ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris LPPP UNNES, yang turut memberikan arahan bagi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pelatihan.




