Semarang, 19 Januari 2024 – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang (LPPP UNNES) menyelenggarakan pelatihan Applied Approach (AA) bagi para dosen dari tanggal 16 hingga 19 Januari 2024. Kegiatan ini merupakan implementasi kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka peningkatan kapasitas pedagogik dan andragogik dosen, guna mewujudkan pendidikan tinggi yang adaptif dan berkelanjutan.
Pelatihan ini diikuti oleh 40 dosen dari 9 fakultas di lingkungan UNNES, dan menghadirkan berbagai materi yang relevan dengan tantangan dunia pendidikan di era digital dan disrupsi global. Materi yang dibahas mencakup: Konstruktivisme Pembelajaran, Etika dan Moral dalam Pembelajaran, Visioner Kepemimpinan di Era Disrupsi Digital, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Rekonstruksi Mata Kuliah, Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Ragam Media Pembelajaran, Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM), Alternative Assessment, serta Penulisan Buku Ajar. Peserta juga mengikuti pre-test dan post-test untuk mengukur capaian pelatihan.
Kegiatan ini sejalan dengan sejumlah poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya:
- SDG 4 (Pendidikan Berkualitas)
Pelatihan ini bertujuan langsung untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi dengan memperkuat kapasitas pengajar dalam menciptakan proses pembelajaran yang inklusif, relevan, dan berbasis pada pendekatan mutakhir. - SDG 5 (Kesetaraan Gender) dan SDG 10 (Mengurangi Ketimpangan)
Dengan melibatkan dosen dari berbagai latar belakang fakultas dan disiplin ilmu, pelatihan ini juga mendukung kesetaraan akses terhadap peningkatan kompetensi profesional. - SDG 9 (Inovasi dan Infrastruktur) serta SDG 16 (Institusi yang Kuat)
Materi seperti kepemimpinan visioner dan sistem penjaminan mutu mendukung pembangunan institusi pendidikan yang tangguh, inovatif, dan berintegritas. - SDG 17 (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan)
Implementasi kebijakan Kemendikbudristek melalui pelatihan ini menunjukkan sinergi antara pemerintah dan institusi pendidikan tinggi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.
Pelatihan Applied Approach ini diharapkan menjadi bagian dari komitmen UNNES sebagai Universitas Konservasi dalam menciptakan dosen-dosen unggul yang mampu merespons dinamika zaman, serta membentuk lulusan yang berdaya saing dan beretika.




