Menparekraf Sandiaga Uno pada Rabu (6/10) lalu menghadiri rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) Kota Semarang-Banyumas yang digelar di Balai Pertemuan Pusat Rekreasi dan Pameran Pembangunan (PRPP), Semarang, Jawa Tengah.
Didampingi Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono, Sandiaga menyampaikan bahwa kunci sukses marketing sebuah usaha terdiri dari tiga tahapan.
“Pertama, kita harus melakukan persiapan sebelum memulai usaha. Kemudian perlu adanya investasi untuk mengembangkan usaha, dan yang terakhir yaitu memperluas jaringan, baik itu jaringan pertemanan maupun jaringan bisnis kerja,” ungkapnya.
Untuk itu, beliau meminta semua pelaku usaha terlebih pelaku usaha muda, untuk bisa menguasai kunci marketing dalam memulai sebuah usaha.
Menparekraf juga menyampaikan bahwa di tengah krisis pandemi saat ini jangan hanya dijadikan sebagai tantangan tetapi juga peluang untuk berkarya dan bekerja.
Dengan ditopang oleh ekonomi kreatif, lapangan kerja semakin terbuka. Apresiasi Kreatif Indonesia dengan total 60 UMKM di berbagai sektor ini diyakini mampu menggerakkan ekonomi seiring dengan melandainya kasus positif dan penyebaran Covid-19 yang semakin terkendali. Kegiatan ini menjadi salah satu jalan untuk membuka lapangan kerja serta pemulihan ekonomi.
Sandiaga juga menyampaikan, lapangan kerja dan peluang usaha akan semakin terbuka melalui program Bangga Buatan Indonesia. Melalui gerakan nasional ini, para pelaku UMKM diharapkan mampu untuk meningkatkan kualitas serta daya saing produk dengan program digitalisasi.
Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga memberikan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Jaring Pengaman Usaha. Insentif ini diberikan bagi sejumlah pelaku UMKM untuk bangkit di tengah pandemi Covid-19.
“Kami mendapat inspirasi dari kisah-kisah yang membangun satu optimisme, bahwa jika kita berusaha, kita bisa untuk mengembangkan usaha kita. Kemampuan itu bisa membuat kita bangkit dan membuka peluang kerja, menjadi saluran berkat bagi banyak masyarakat luas,” jelas Sandiaga.
Gerakan Bangga Buatan Indonesia adalah sebuah gerakan mencintai produk karya anak bangsa yang akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Dengan adanya program ini, diharapkan di akhir 2023 akan ada sebanyak 30 juta UMKM di seluruh Indonesia yang akan ikut serta dan tergabung dalam program ini.
Sumber info:
https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/pr-041365717/memulai-usaha-sandiaga-uno-minta-pelaku-kuasai-kunci-marketing?page=all