Kurikulum Prodi Pendidikan Teknik Mesin

Kurikulum dan Mata Kuliah Program Studi Pendidikan Teknik Mesin

Perubahan kurikulum merupakan suatu niscaya agar mampu menghadapi tantangan global di era Revolusi Industri 4.0. Program Studi Pendidikan Teknik Mesin sebagai bagian dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang merupakan Perguruan tinggi di bawah Kemenristekdikti yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional melakukan perubahan kurikulum yang terencana dengan baik dan melaksanakan reorientasi pengembangan kurikulum yang selaras dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan dan yang mampu menjawab tantangan dan perkembangan jaman.

Melalui Merdeka Belajar–Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) sks menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi.

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin senantiasa melakukan perbaikan kurikulum untuk mendorong pembelajaran dalam Kampus Merdeka memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. Secara lebih lengkap, kurikulum Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Unnes, dapat diakses pada tautan berikut (link).

Capaian Pembelajaran 

Rumusan Capaian Pembeljaran Lulusan (CPL) dalam matriks yang memuat unsur CPL, kode CPL, dan rumusan CPL. Rumusan CPL merupakan hasil peninjauan dan adaptasi dari CPL yang sudah ada (bisa berupa hasil rumusan asosiasi prodi sejenis atau rumusan prodi sendiri bagi yang belum memiliki asosiasi). Khusus bagi prodi pendidikan harap mengakomodasi rumusan CPL dalam Permenristekdikti No 55 tahun 2017.

Tabel 1. Pemetaan CPL Program Studi Pendidikan Teknik Mesin berdasarkan Kompetensi Sesuai Permenristekdikti nomor 55 Tahun 2017

Kompetensi

CPL

Pemahaman Peserta Didik

a.       Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;

b.      Memberikan layanan pembelajaran yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteris- tiknya; dan

c.       Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal.

Pembelajaran yang Mendidik

a.       Menguasai  landasan  filosofis,  yuridis,  historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris pendidikan;

b.      Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan;

c.       Menguasai teori belajar dan pembelajaran;

d.      Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;

e.       Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelengga- raan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran;

f.        Memperbaiki dan/ atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar; dan

g.       Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman menyenangkan, menantang, dan mengembangkan peserta didik untuk berkreasi.

Penguasaan bidang keilmuan dan/ atau keahlian.

a.       Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan;

b.      Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian;

c.       Melakukan     pendalaman     bidang     kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman;

d.      Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/ atau keahlian, serta komunikasi;

e.       Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas;

f.        Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;

g.       Mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi; dan

h.      Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.

Kepribadian

a.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

b.      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.        Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.       Taat    hukum     dan    disiplin      dalam     kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h.      Menginternalisasi        nilai,      norma,      dan      etika akademik;

i.         Menunjukkan       sikap      bertanggungjawab        atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j.         Menginternalisasi           semangat          kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

k.       Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan

l.         Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia;

m.    Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme;

n.      Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik;

o.       Memiliki komitmen untuk mendharmakan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik mesin kepada masyarakat tanpa meninggalkan prinsip-prinsip pengembangan karakter lulusan berlandaskan nilai – nilai konservasi

p.      Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan;

q.      Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia; dan

i.        Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis- jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian.

 

 

Tabel 2. Capaian Pembelajaran Prodi Pendidikan Teknik Mesin Berdasarkan Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015

Unsur CPL

Rumusan CPL

Sikap

Bertakwa      kepada     Tuhan     Yang    Maha     Esa    dan                     mampu menunjukkan sikap religius;

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas

berdasarkan agama,moral, dan etika;

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara

dan bangsa;

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasya- rakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdas- arkan Pancasila;

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

Menginternalisasi       semangat     kemandirian,      kejuangan,                                   dan kewirausahaan;

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang

keahlian kejuruan teknik mesin dan pembelajaran secara mandiri;

Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan;

Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia;

Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta  konsekuensinya  apabila  melakukan plagiarisme;

Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik;

Memiliki komitmen untuk mendharmakan ilmu pengetahuan dan teknolog bidang teknik mesin kepada masyarakat tanpa meninggalkan prinsip-prinsip pengembangan karakter lulusan berlandaskan nilai – nilai konservasi;

Menginternalisasi sikap apresiatif dan konservasi khususnya kepedulian dalam pelestarian lingkungan hidup dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat

Pengetahuan

Menguasai konsep teoritis pedagogi yang sesuai dengan lingkup tugasnya.

Menguasai konsep teoritis perencanaan, pelaksanaan, pembim-

bingan, evaluasi, dan tindaklanjut hasil evaluasi pembelajaran kejuruan.

Menguasai konsep teoritis pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran kejuruan berbasis TIK.

Menguasai konsep dan prinsip berbagai pendekatan, model,

strategi, metode, dan teknik pembelajaran kejuruan.

Menguasai konsep teoritis pengelolaan sarana dan prasarana praktek bengkel dan laboratorium.

Menguasai konsep teoretis sains bidang teknik mesin, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang

diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen mesin.

Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem, proses, atau komponen mesin.

Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum yang dapat berkaitan dengan bidang teknik

mesin.

Menguasai pengetahuan teknik komunikasi secara efektif tidak hanya dengan sesama sarjana teknik tetapi juga dengan masyarakat luas, termasuk kemahiran berbahasa inggris.

Mengetahui perkembangan sains, teknologi terbaru dalam bidang teknik mesin dan teknologi informasi.

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan pendidikan pancasila, pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, pendidikan agama, pendidikan konservasi, dan literasi digital dan manusia secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural terkait bidang pengetahuan tersebut di atas.

Menguasai konsep teoritis dasar bidang pengetahuan kependidikan secara umum terkait bimbingan dan konseling, ilmu pendidikan, pengelolaan sekolah, dan psikologi; serta mampu  memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural

terkait bidang pengetahuan tersebut di atas.

Keterampilan umum

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan  dan  teknologi  yang  memperhatikan  dan

menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan  solusi,  gagasan,  desain  atau  kritik  seni  serta mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

Mampu  mengambil  keputusan  secara  tepat  dalam  konteks

penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar

lembaganya.

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian

pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang          berada           di bawah     tanggung            jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, berfikir kritis, dan membuat keputusan secara tepat.

Keterampilan khusus

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis ipteks, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu.

Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi  tanggung  jawabnya,  dan  mampu  mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan kejuruan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Mampu     mengkaji     dan     mengembangkan      berbagai                 metoda

pembelajaran kejuruan yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.

Mampu mengaplikasikan bidang keahlian pendidikan kejuruan teknik mesin dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidang pendidikan teknik mesin dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi pembelajaran praktik dan teori di sekolah menengah kejuruan

(SMK) atau lembaga pelatihan kejuruan.

Mampu     melakukan     penelitian     yang    mencakup                 identifikasi, formulasi dan analisis masalah bidang pendidikan teknik mesin.

Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah bidang pendidikan teknik mesin dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi,          kesehatan dan          keselamatan    publik, kultural, sosial dan lingkungan.

Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa

(engineering principles) untuk menyelesaikan masalah bidang teknik mesin.

Mampu merancang sistem, proses, dan komponen mesin dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan  publik,  kultural,  sosial  dan  lingkungan

(environmental consideration).

Mampu mengoperasikan, mengelola, dan merawat mesin dan sistem yang berhubungan dengan pemesinan.

Mampu mengaplikasikan berbagai konsep teoritis dasar bidang pengetahuan pendidikan                         pancasila,                                  pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, pendidikan agama, pendidikan konservasi, dan literasi digital dan manusia dan memanfaatkan IPTEKS terkait bidang tersebut di atas dalam penyelesaian masalah secara kontekstual

Mampu mengaplikasikan berbagai konsep teoritis dasar bidang kependidikan secara umum untuk mengarahkan terbentuknya kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, penguasaan bidang keilmuan dan/atau keahlian, dan sikap  dan  kepribadian;  dan  memanfaatkan  IPTEKS  dalam penyelesaian masalah secara kontekstual.

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.