Warisi Budaya Nusantara, Mahasiswa PPKn UNNES Gelar Simulasi Pernikahan Adat

Selasa, 25 Juni 2019 | 19:28 WIB


Warisi Budaya Nusantara, Mahasiswa PPKn UNNES Gelar Simulasi Pernikahan Adat

Melestarikan budaya nusantara merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya mencintai Indonesia. Upaya ini menunjukkan sikap tegas, bagaimana sebuah rasa nasionalisme dibangun diatas dasar-dasar kearifan lokal.

Ialah mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) angkatan tahun 2018. Mereka menggelar simulasi pernikahan adat Jawa Banyumas dalam rangka pemenuhan tugas akhir mata kuliah Hukum Adat, Kamis (20/6).

Dalam arahan Dosen Pengampu Natal Kristiono SPd MH, kegiatan yang bertempat di gedung PKMU lantai 2 ini berjalan dengan khidmat.

Acara diawali dengan laporan kepanitiaan oleh Rizky Ocktaviana dan dilanjutkan dengan sambutan dosen pengampu.

Dalam laporannya, Ockta menyampaikan pernikahan adat Jawa Banyumas dipilih karena memiliki corak dan nilai kultural yang khas dan kental.

“Jadi ada ciri khasnya, seperti bahasa yang digunakan yakni bahasa ngapak dan adat pernikahan daerah yang khas atau sering disebut dengan istilah Begalan. Acara dimulai dengan pasrah tampi antara pihak keluarga mempelai wanita dan pihak mempelai pria, dengan diwakilkan sesepuh atau seseorang yang sudah ditunjuk,” jelas Ockta.

Setelah akad nikah selesai, imbuhnya, pengantin pria dan pengantin wanita di antar domas kembali ke pihak keluarga masing-masing untuk melakukan tradisi begalan.

Saat memberikan sambutan, Natal mengapresiasi totalitas mahasiswanya dalam menggelar simulasi pernikahan adat tersebut.

“Alhamdulillah, dari tahun ke tahun, semakin berkembang dan beragam. Jika tahun lalu mengangkat tema pernikahan adat Betawi, maka tahun ini kami mengusung adat Jawa Banyumas,” jelas Natal.

Sejatinya upaya pelestarian budaya semacam ini merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Jika dikaitkan dengan UNNES, upaya ini sesuai dengan nilai dasar konservasi UNNES, utamanya di bidang pelestarian konservasi nilai dan budaya.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 427 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X