UNNES Selenggarakan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2

Selasa, 24 Mei 2022 | 13:22 WIB


UNNES Selenggarakan Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 2

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan seleksi akademik PPG dalam jabatan tahap 2 berbasis domisili sejak Selasa hingga Jumat (24–27/5).

Pelaksanaan program PPG ini sesuai dengan amanah undang-undang, baik UUGD maupun Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang menganut model konsekutif atau berlapis. Pasal 17 (1) Undang-undang Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa pendidikan profesi merupakan Pendidikan Tinggi setelah program sarjana yang menyiapkan mahasiswa dalam pekerjaan yang memerlukan persyaratan keahlian khusus.

Terdapat 89.710 peserta seleksi PPG kali ini yang tersebar di 12 LPTK. UNNES menjadi LPTK dengan sebanyak dengan peserta tes terbanyak yakni mencapai 13.200 peserta di kelima sesi, sehingga setiap sesinya terdapat 2.640 calon peserta seleksi.

Panitia Seleksi, Iwan Hardi Saputro SPd MSi menjelaskan seleksi PPG kali ini merupakan seleksi PPG katagori dalam jabatan.

“PPG Dalam Jabatan diperuntukkan bagi guru dalam jabatan. Guru dalam Jabatan adalah guru pegawai negeri sipil dan guru bukan pegawai negeri sipil yang sudah mengajar pada satuan pendidikan, baik yang diselenggarakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat penyelenggara pendidikan yang sudah mempunyai perjanjian kerja atau kesepakatan kerja bersama,” jelas Dosen Jurusan Politik dan Kewarganegaraan itu.

Program Studi PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru agar menguasai kompetensi guru secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga dapat memperoleh sertifikat pendidik profesional pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengapersiasi penyelenggaraan seleksi PPG tersebut.

“Ini merupakan bagian dari upaya kita mewujudkan Indonesia maju dan cerdas dengan menyiapkan guru-guru terbaik yang siap mendidik generasi muda,” ungkap Guru Besar FBS UNNES tersebut.

Sebagai rumah ilmu pengembang peradaban, UNNES siap mendorong dan memfasilitasi terwujudnya sumber daya pendidikan yang unggul dan berkualitas.


DIUNGGAH : Dwi Hermawan
EDITOR : Dwi Hermawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X