Unnes Rekrut 300 Sarjana Pendidikan Mengajar di Pelosok

Universitas Negeri Semarang/Berita/Unnes Rekrut 300 Sarjana Pendidikan Mengajar di Pelosok

Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan merekrut sedikitnya 300  sarjana pendidikan untuk mengajar selama setahun di berbagai pelosok Indonesia.  Selama mengabdi, mereka akan mendapatkan biaya hidup per bulan dan setelah itu akan dibiayai untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pembantu Rektor  Bidang Akademik Agus Wahyudin  mengemukakan hal itu terkait dengan penunjukan universitasnya sebagai salah satu pelaksana program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia itu. Dalam program itu, secara nasional tahun ini akan diberangkatkan sedikitnya 3.500 orang.

”Unnes bersama 12 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) lainnya akan segera merekrut calon peserta sekaligus kelak menjadi tempat pelaksanaan PPG,” katanya.

Mereka, lanjutPR I, akan ditempatkan di wilayah yang lazim disebut 3T, yakni terdepan, terluar, dan tertinggal. Wilayah tersebut antara lain Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

Muara dari program ini, lanjut PR I, adalah munculnya guru profesional yang memiliki pengabdian  tinggi terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia. ”Setiap lulusan PPGmerupakan  guru profesional,” katanya.

Dikemukakan,  para peserta merupakan sarjana pendidikan lulusan empat tahun terakhir dan ber-IPK minimal 2,75 dari program studi yang dibutuhkan di wilayah pengabdian.

Menurutsurat yang dikirimkan oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Kemdiknas, program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia  tak lepas dari permasalahan pendidikan yang senantiasa membelit wilayah pelosok. Antara lain kekurangan guru, disparitas kualitas,  mismatched, distribusi tidak merata, tingginya angka putus sekolah, dan rendahnya angka partisipasi sekolah.

Alasan lainnya, peningkatan mutu pendidikan di wilayah itu perlu dikelola secara khusus dan sungguh-sungguh. Apalagi daerah 3T memiliki peran strategis dalam memperkukuh  ketahanan nasional dan keutuhan NKRI. Dengan begitu, perlu percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T dengan memberdayakan sarjana pendidikan dalam rangka pembekalan calon pendidik profesional melalui program ini,

Pendaftaran akan dibuka di 12 LPTK, termasuk Unnes pada 20-29 Oktober 2011 melalui website unnes.ac.id. Selanjutnya seleksi digelar 30 Oktober hingga 1 November. Sebelum diberangkatkan oleh Mendiknas pada 21 November, mereka akan mendapatkan berbagai pembekalan di LPTK penyelenggara.

Related Posts

214 Responses
  1. Gilang maulana

    It’s a great program,,,This is laso a nice chance for the fresh S.Pd garaduation to participate in developing education sector in our country. I hope this program will have a good progress education in our country especially in remote region…

  2. ekawati rekno anggraeni

    Alhamdulillah, berita ini sudah saya temukan. untuk mendaftar perekrutan guru tersebut syaratnya apa saja? karena saya kesulitan dalam memperoleh info ini lebih lanjut. terimakasih sebelumnya.

  3. Sekedar informasi, semoga bermanfaat.
    Persyaratan Peserta:
    1. Lulusan S1 Kependidikan 4 tahun terakhir dari program studi yg terakreditasi dan sesuai dengan mata pelajaran yg dibutuhkan.
    2. Ber-IPK minimal 2,75
    3. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
    4. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan surat dari yg berwenang
    5. Berkelakuan baik (surat ket.polisi)
    6. Belum menikah dan tidak akan menikah selama penugasan
    7.Memiliki motivasi dan semangat pengabdian yang tinggi
    8. Mampu menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat di daerah 3T
    9. Diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan
    (suber:brosur dikti) untuk persyaratan lebih jelas dan lebih rinci lagi silahkan menunggu informasi dari yg berwenang.

  4. Vietria

    saya pengen ikut..syaratnya aja,slain yg tertera di atas..kmudian jurusan yg di butuhkan apa saja.mohon berikan info yg jelas..supaya saya bsa mmpersiapkan diri…makasih atas perhatiannya

  5. henry yuniarko

    huufff. . Itulah gunanya S1,sya lu2san D2 IPK dg lbh dr ckup bs gk ya. .hmm. .
    cb kl trnsferan S1 ku ni dh slesai. .btw. . Salut&bangga kepada smua pihat terkait,maju trus oendidikan indonesia

  6. Fatih Averous

    Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, ini adalah salah satu program yang bagus. Yang ingin saya tanyakan, selain IPK minimal 2,75 dan fresh graduate. apakah status harus single?

  7. aprilin

    mau tanya bagaimana cara mengikuti program tersebut, dan pendaftarannya dimana saja ? serta syarat pendaftaran apa saja ? mohon bantuannya . terimakasih

    1. Sucipto Hadi Purnomo

      Selain Unnes, LPTK tempat pendaftaran/penyelenggara PPG: Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Gorontalo, Undiksa Bali, Universitas Negeri Manado.

  8. al firdhaus

    semoga berita ini benar,,,,

    karna PT.Indonesia dbwh pmpnn anis bawasden n bpk prof.DR.boediono dlm progm Indonesia Mengajar sudah jauh hari melakukan progm kyk gni
    mga unnes jg bs membntu….

  9. wulan

    kok cuma 300 sarjana? sdangkan brta yang ad dikoran suara merdeka tercatat 3.500 sarjana.saya mohon info yang lebih akurat n lengkap. terimakasih

    1. Sucipto Hadi Purnomo

      Untuk seluruh Indonesia 3.500, khusus yang lewat Unnes 300. Silakan Saudara cermati kembali berita di dua media tersebut. Salam.

  10. fiwi

    persyaratan,tempat pendaftaran, dan informasi yang lainya yang berkaitan dengan hal tersebut apa ya?mohon untuk di kasih informasi yang lengkap.terimakasih sebelumnya.

  11. HARDIANTO

    saya siap tuh….tapi aku butuh syarat- syarat yang jelas…kebetulan aku sarjana pendidikan sekolah dasar dan IPK saya cukup……

  12. pajero

    berita bagus, tapi maaf mohon segera diberi informasi yang lengkap mengingat waktu pendaftaran semakin dekat agar mereka yang berminat bisa segera mempersiapkan diri

    suwun

  13. ismi

    apa semua lulusan prodi kependidikan bisa mengikuti seleksi?
    karena penempatan di luar jawa kan tidak memungkinkan untuk prodi2 seperti pend. b. jawa ikut ya pak?

  14. ERIKTA ARYZONA

    wes pak gak usah kesuen seleksi seleksinan, sing penting gelem ngabdi mencerdaskan anak bangsa niku pun sae, lulusan unes aku yakin bagoes bagoes kuk pak, po maneh di batesi 2,75 sudah tdk diragukan lagi kemampuannya dr angka akedimik di atas 2,75, ayo ndang mangkat ra usah kesuen

  15. dwi rahmatun

    tu kyk skul profesi gtu y???brarti qt kudu kul lg gt dunk???berarti nant qt ngajarnya cm 1 thn??lha biz tu gmn??gmn si?sy krang jelas..mohon dijelaskan..

  16. benti ambarsari

    Program yang bagus. Yang ingin saya tanyakan, syarat pendaftarannya apa saja?, untuk formasi pendidikan matematika ada tidak? mohon informasinya.terima kasih.

  17. Galih Suryadmaja

    Kalau bukan sarjana pendidikan apakah bisa mengikuti program ini? Saya lulusan dari Etnomusikologi, dan sekarang baru menjalani studi S2, dan sudah lama saya hendak menjadi pengajar di daerah pelosok di negeri ini, Karena benci setiap melihat tayangan berita tentang kondisi sebagian masyarakat Idonesia yang “Masih Terjajah”. Tolong Informasinya…

  18. Sucipto Hadi Purnomo

    Saudara-saudara semua, kami akan segera menyampaikan informasi lebih lengkap tentang program ini, di web ini pula. Ini memang baru berita awal. Sampai saat tim pusat dan tim LPTK sedang melakukan koordinasi di Yogyakarta. Silakan Saudara-saudara memantaunya lewat website ini. Saudara juga bisa mendapatkan keterangan terbaru di Pusat Humas Unnes. Salam.

  19. tri wulandari

    wah kriteria yg belum menikah dan tdk akan menikah slma penugasan… sy tdk termasuk kriteria ne cz bntr lg mo meried… ya sdhlah, slmt b’juang kawan (yg termasuk kriteria) hehehe…

  20. muth

    Pak.. untuk yang di papua di tempatkan di daerah mana saja? saya sangat berminat sekali untuk mengabdi disana.. mohon infonya trimakasih..

  21. dyah saptarini

    trimakasih info, setelah selesai program dkembalikan lagi ke asal? cari kerja lagi donk
    semoga saja ini langkah menuju yang lebih baik

  22. keith_na

    tahun depan ada lagi gak pak program ni….
    Piiingiiin banget ikuut n bisa ngabdi buat pendidikan…
    Tapi angkatan 08,, baru lulus tahun depan :'(

  23. wachid octaviarto

    iseng-iseng berhadiah…jadi pengangguran gak enak banget…moga ini jadi pengalaman yang berharga…infonya lebih lanjut ditunggu segera pak Sucipto Hadi Purnomo….
    terima kasih sebelumnya…..

  24. Gatot Sukarno Putra

    As Wr Wb.Kalau Sudah Pengabdian dan sudah lulus sarjana apakah boleh ikut dan pengabdian yang lama apa bisa diteruskan?.Alhamdulilah syarat IPk saya memenuhi Syarat dari D3 POLINES dan SI UTP SURAKARTA Keperguruan.Atas Jawabannya saya ucapkan terimakasih.

  25. pak
    yang diutamakan kok lulusan PTN yang PTS juga banyak pak n g kalah saing ama PTN.
    jurusan yang dibutuhkan apa saja pak? mohon dijelaskan lebih rinci n tempat pendaftraannya bisa 0nline apa kagak.

  26. saras

    Saya sekarang di luar kota, tapi saya sangat minat sekali untuk penempatan di Papua… mohon informasi lengkapnya… terima kasih

  27. saras

    Saya sekarang di luar kota, tapi saya sangat minat sekali untuk penempatan di Papua… mohon informasi lengkapnya… terima kasih

  28. saras

    Saya sekarang di luar kota, tapi saya sangat minat sekali untuk penempatan di Papua… mohon informasi lengkapnya… terima kasih
    bisa minta no. tlp bagian humas tersebut kah?

  29. mei

    setelah 1 thun kontrak apa langsung bisa jd pns, otomatis???atau hanya 1 tahun kontrak trus kita cari kerja sendiri lg di tempat asl???kn repot???

  30. bambang setyono

    sehubungan dengan informasi yang saya dapat sesuai dengan persyaratan harus sarjana pendidikan,tetapi pendidikan terahir saya non pendidikan akan tetapi saya memiliki akta mengajar dari perguruan tinggi yang lain.apakah saya bisa mengikuti program ini?terima kasih

  31. bambang setyono

    saya lulusan non pendidikan tetapi saya memiliki akta mengajar dari perguruan tinggi swasta yang lain.apakah saya bisa ikut dalam program ini?

  32. bambang setyono

    apakah progam yang non pendidikan tapi memiliki akta mengajar dari perguruan tinggi yang lain bisa ikut dalam progam ini ???terima kasih

  33. susi

    pak,kalau barusan aja 3bulan yang lalu menikah,apa g bs pak mengikuti program ini,org berumah tangga kan jg perlu pekerjaan pak?mksh,tolong infony

  34. chi

    saya sarjana non pendidikan, tapi saya sangat tertarik dan sangat ingin ikut mengabdi dengan mengajar putra-putri bangsa yang berada di daerah 3T.

  35. chi

    mohon informasi tentang rekrutmen guru yang lain yang tidak mensyaratkan harus dari sarjana pendidikan. karena saya yakin, kebutuhan tenaga pengajar di daerah 3T masih banyak. terima kasih.

  36. atin

    maf…kalo boleh tau itu kerjasama dg Indonesia Mengajar (IM) nya pak Anis Beswadan g??saya lulusan bhs Jawa kira2 bkesempatan gak y??
    nuwun

  37. sumi

    Info yang bagus pak, tapi sayang yang dibutuhkan lulusan 4 tahun terakhir, berarti tahun 2007 ke sini ya..apa tidak bisa ditambahin lagi, saya lulusan 2004, dan masa harus belum nikah.

  38. BEKTI

    kami tunggu info selengkap lengkapnya pak…semoga semua ini dapat bermanfaat untuk teman2 yang berminat menjadi pengajar di luar pulau…

  39. xoyan

    Pak mohon lebih lngkap infonya, mulai dari syarat, tmpat pendaftaran dan prosedur pendaftarannya, ini kan udah mndekati hari pendaftaran, biar ada persiapan untuk melengkapi syarat2nya…terimakasih atas perhatiannya.

  40. Adisti Candra

    Wah…info ya bagus tuh Pak…saya b’minat skali utk ikutan program itu…tlng syarat n sistem pendaftaranya djelaskan?????kira2 utk guru bhs.Inggris dbutuhkan tidak yah…terimaksaih atas info’y…

  41. Adisti Candra

    Pak saya lulusan dr PTS apakah saya boleh daftar???prodi saya pendidikan bahasa Inggris sudah terakreditasi “B” apakah saya boleh m’daftar????mohon info’y selengkap2nya…terimakasih Pak

  42. temen2 semua kalau pingin lebih jelas persyaratan n ditempatkan dimana…silahkan masuk ke web nya universitas negeri malang.disitu dah lengkap.tapi saya ingin menanyakan pada bapak..tunjangan per bulannya berapa.cukup kagak pak hidup nan jauh dimato.thank

  43. rohmat setiawan

    a.w.w…
    saya tertarik pak, dg program ini ,saya sdah lulus (S1 PAI) tpi ijasah blum keluar misalkan d ganti dg surat keterangan lulus bgmana????? bisa tidaK.,. dan mohon info selengkapnya,.,.JAZAKUM,.,.,.,

  44. Aulia

    Setelah selesai PPG, trus nanti lulusannya balik ke tempat asal masing2? or diberangkatkan lg ke daerah pelosok tempat pertama ditempatkan ya??

  45. siti kundari

    bagus banget, smoga dpat mmbantu masa depan anak_anak bangsa.
    dan tolong info persyaratannya dtulis lengkap &scepatnya. makasih………

  46. nurul eko pambudi

    ass,sebelumnya maaf pak bu,tolong semua pertanyaan di atas di jawab biar kami calon yang benar2 ingin berjuang,bisa memberikan apa yang kita miliki…………….. dan saya bertanya, kalau sudah berkeluarga bagaimana?

  47. Susana Devi

    Mohon infonya bagi mahasiswa yang sudah lulus, tetapi belum dapat ikut wisuda (hanya berbekal SKL belum mempunyai ijazah) boleh ikut tidak? terima kasih

  48. Tika

    Lulusan 2011 boleh daftar nggak Pak?…LPTK penyelenggara di mana saja?terus mahasiswa lulusan dari luar Unnes bisa ikut daftar ga Pak??info nya kurang lengkap..terimakasih

  49. nonny

    wah, kami juga pgn nanya nech.. apakah masa depan kita setelh PPG tu jelas atau kita hrs melamar kerja lg? apakah nanti ada kmungkinanx kita dtempatkn di daerah asal kita yg jg daerah trpencil (trmsuk 3T)? apakh biaya yg digunakn wkt pmbekalan n pmbrangktnx sdh dtanggung pmrnth atau tdk? trz wkt pelathnx kira2 brp lma? mohon penjelasanx krn kmi bnr2 mmerlukan jwbnx. mksh

  50. imam khoirudin

    sama dengan program pendampingan smk.
    kalo hanya dalam waktu tertentu sifatnya hanya membantu saja, tidak bisa untuk melakukan perubahan. dan juga rawan terhadap budaya korupsi.
    kalau ingin melakukan perubahan lebih baik langsung ditujukan ke pihak sekolah2 dengan cara menunjuk guru yang benar2 profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan.

    kalo hanya program kayak gini saya rasa kurang efektif.

  51. irwan

    Mohon Maaf sya mau bretanya Pak…
    Apakah setelah 1 Tahun nati kita sdh selesai dari Luar Jawa bs langsung jdi PNS N bersertifikasi???mohon infonya yang sejelas-jelsnya.Trimksih

  52. Burhan

    saya ingin tanya. bagaimana cara pendaftaran onlinenya. soalnya saya sudah masuk di menu pendaftaran harus mengisikan password dulu. password apa yang harus saya isikan. atau meminta passwordnya dulu di puskom. terima kasih..

  53. maria

    infonya untuk mahasiswa yang sudah lulus, tetapi belum wisuda (hanya berbekal SKL belum mempunyai ijazah) boleh ikut tidak? mohon info nya

  54. roza

    pertanyaannya……..pngen DI ANGKAT jadi PNS SEMUA!kreatif diri dong, kembangkan ilmu kmu mnjadi wiraswasta yg handal………jgn mngandalkan PNS gtu, beban PEMERINTAH bertumpuk, lu2san S1 bnyak tp KURANG KREATIF buat menciptkan lahan pkerjaan….

  55. eny tri

    saya lulusan unnes th 2009 jurusan pendidikan bahasa jawa,,apakah boleh mengikuti program maju bersama mencerdaskan Indonesia???sedangkan penepatan di luar jawa yg otomatis seprtinya tdk membutuhkan bhs jawa.mohon penjelasannya untuk jurusan apa aj yg dibutuhkan…trmksh

  56. pipop

    pak, tadi kami sudah datang ke LP3, dari LP3 kami disuruh tanya ke bagian pendidikan dan evaluasi, tapi sampai sana kami belum mendapat jawaban yg pasti tentang pendaftarannya. Padahal dari websitenya pendaftarannya bisa dilakukan online atau lewat LPTK yg ditunjuk oleh dikti. sampai jam 12.00 wib kami belum bisa mendaftar secara online pak, trus bagaimana tindak lanjutnya pak?

  57. catur sari dewi

    saya lulusan pendidikan matematika lulus oktober kmrn. kalau mau daftar giman yuaw caranya..?? ini sistemnya kontrak/dapt menjadi PNS…?????

  58. Elis

    saya sangat berminat dan siap mengabdi di pelosok manapun, akan tetapi saya sdah menikah dan pny anak, keluarga sdh mengijinkan,bahkan bersedia ikut apabila sy nantinya di tempatkan di luar jawa setelah pengabdian. bisakah saya ikut mendaftar untuk perperan serta dalam mencerdaskan bangsa? saya lulusan th 2010 FIP BK dengan IPK 3.13 .

  59. echa

    Ass. Mohon maaf sebelumnya bapak. Kami mmbutuhkan informasi yang lebih detail mengenai jurusan apa saja yang dibutuhkan dalam program tersebut dan berapa kuotanya. Selain itu kami juga mmbutuhkan kejelasan mengenai bagaimana tindak lanjut ke depan dari program ini. terima kasih

  60. rianta

    Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia pastinya bukan AKMIL karena mencerdaskan pasti menggunakan OTAK DAN KOMPETENSI, knp harus ada syarat HARUS BELUM MENIKAH? bukankah Yang sudah menikah malah mempunyai tanggung jawab yang tinggi, mampu beradaptasi dan siap berkompetisi?? Bp. Sucipto Hadi Purnomo sudah menikah dan bisa membandingkan lebih bertanggungjawab mana anda pada waktu belum menikah dan setelah menikah, mohon di kaji kembali. terimaksih.

  61. Rizqi Shaomi

    Assamualaikum
    Kepada Bapak dan Ibu Dosen yang kami hormati,
    Kami sangat tertarik dengan progam maju bersama ini tapi kami merasa memiliki kesulitan dalam pendaftaran online. Mohon beri petunjuk tatacara pendaftaran online. Atas respon dan perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
    Wassamualaikum
    (Rizqi Shaomi, S.Pd, Alumni PBSI UNNES angkatan 2005, sekarang mengajar di Kota Bumiayu. Jika teman-teman ada yang tahu informasinya, mohon memberi saya informasi tersebut lewat [email protected] atau nomor handphone 085647830037)

  62. ali farkhan

    waah bagus juga tuh program pemerintah…..mencerdaskan anak bangsa..dan bisa menjadi pengalaman buat lulusan sarjana baru..
    apa semua lulusan sarjana bisa ikut program itu yaa.. termasuk yang lulusan daru PTAIN

  63. Ida Ayuk

    Suatu program yng bagus untuk pemerataan sarjana d daerah pelosok, namun kenapa d batasi hny untk mereka yang blm menikah? pdhal bg yg sdh menikah program itu jg merupakan suatu harapan untuk bs menyalurkan pendidikan yg di miliki untk ikut mencerdaskan anak bangsa yg jauh dr sentuhan perhatian dr para pendidik. sy berharap agr agar status dlm persyaratan agr d pertimbangkn kembali,agr kami yg sdh berkeluarga bs berperan serta, trimakasih.

  64. gilang

    sy sngt berminat dg program ini. syangnya sy sdh menikah. sy mohon untuk persyaratan memperbolehkan yang sdh berkeluarga bs ikut mendaftar, syukur2 sy ktrima krn sy sdh siap untuk d tempatkan d mana sj. TQ.

  65. ayu

    it is so amazing…,,saya sangat tertarik untuk mengikuti program ini. saya akan merasa sangat beruntung jika bisa diterima dalam program ini.saya juga siap ditempatkan di mana saja.saya ingin mengabdi kepada negara indonesia.semoga saya bisa diterima dlm program ini.amiiiiinn ya robb…

  66. edi prasojo

    saya pengin sekali mengabdi pada negara ini karena melihat keadaan pendidikan pelosok terutama diperbatasan dsb yg bgitu memprihatinkan apabila dibandingkan dgn alokasi APBN untk pndidikan 20%, saya juga dah membuktikan ini dengan WB dah 6 thn!!tapi mengapa koq harus ada syarat blm mnikah? apa tu tdk bsa drubah…pa tdk ada pemikiran bahwa kalau dah nikah tu lebih bsa bertanggung jwb&dwasa menghadapi situasi apapun,jangan2 nanti yg blm nikah kaget dgn situasi disana..smoga ini dipikirkan oleh pembuat keputusan???trima kasih

  67. dian wiguna

    program bagus dan harus dijadikan program wajib untuk mencerdaskan bangsa indonesia bagi tenaga pendidik(warga negara RI) setelah lulus dari PTN/PTS

  68. karmila hasanah

    apakah tidak ada untuk lulusan DII saya pingin sekali mengikuti ini mohon bantuannya agar ada yg menyelenggarakan untuk lulusan DII krn masih bnyak yg lulusan DII yg ingin mengikuti program ini.
    mkasih

  69. Agus

    To all# ktika dr awal anda2 sdh mempertnykan,bgaimanakah nasib stlh 1 thn nanti,d angkt jd pns gx stlhny,dpt tunjangan brp?
    it menandakan bgi anda2 yg brfikiran seperti it sblm mendftr,brarti anda sbgai sarjana pndi2kn tdklah mempunyai ktulusan untk mengabdi trhadap negeri ini..Anda trlalu brorientasi pd uang..dan it tdk jauh bda dgn sifat wakil rakyat kita..
    Tanyakan ap yg km brikan untk negaramu..bukan ap yg negara brikan untkmu..salam

  70. pak/bu kalau ada pembukaan lagi tolong saya dikonfirmasi lewat email saya ya pak, saya ingin bergabung tapi tidak tahu dimana website atau tempat untuk melihat update pembukaan lagi… sebelumnya terimakasih dan mohon maaf apabila kurang berkenan.

  71. pak tolong berikan kesempatan kepada kami yang sudah mengajar di pedalaman sejak beberapa tahun yang lalu. saya kecewa setelah melihat pengumuman ini ternyata waktu pendaftaranya sudah selesai. sementara saya sangat mengharakan agar saya bisa mengikuti program SM 3T. pak boleh tidak kami ikut gelombang yang ke 2, dan boleh tidak maksimal usia 30 karena sekarang sudah berusia 28. 2 bulan.

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.