UNNES Peringkat 7 Pekan Ilmiah Mahasiswa  Tingkat  Nasional  2020,

Minggu, 29 November 2020 | 7:18 WIB


UNNES Peringkat 7 Pekan Ilmiah Mahasiswa  Tingkat  Nasional  2020,

Universitas Negeri Semarang  meraih peringkat 7 (tuju) Nasional  pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) Ke 33 yang diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Tim UNNES dapat bersaing dengan   625 tim dari 101 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Pengumuman pemenang dilaksanakan Sabtu 28/11.

Hasil kompetisi yang diumumkan  secara daring, kontingen UNNES tiga  emas, tiga Perak (2 poster dan 1 presentasi), dan satu  perunggu (presentasi). Hasil ini mengantarkan UNNES menduduki Peringkat 7 Nasional dan menjadi Peringkat  1 kategori LPTK.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum  mengucapkan selamat atas keberberhasilan tim  PIMNAS meraih prestasi yang membanggakan sehingga pada PIMNAS tahun ini UNNES menduduki  peringkat tuju nasional.

“Ini merupakan prestasi yang kita syukuri dan banggakan untuk memacu prestasi kembali di tahun mendatang. Melalui perolehan prestasi yang diraih mahasiswa UNNES  akan menjadi  modal kuntuk meningkatkan ranking bidang kemahasiswaan. Sukses untuk seluruh kontingen Pimnas UNNES,” ujar Prof Fathur Rokhman.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdurrahman Mengatakan  perolehan prestasi kontingen Pimnas UNNES  tidak terlepas dari upaya perjuangan mahasiswa dan dosen pembimbing.

“melalui perjuangan mahasiswa dan pembimbingan para dosen Alhamdulillah prestasi ini dapat menjadikan  UNNES  menduduki peringkat tuju nasional.

Berikut rincian prestasi yang diperoleh pada Pimnas UGM

Emas diperoleh  pada kategori Presentasi  dengan judul Sintesis Carbon nanodots dari Kulit Semangka dengan Metode Microwave sebagai Authentic Guard in Branded Product . tim terdiri atas  Rachmat Waluyo (Pendidikan Fisika, FMIPA), Sarno Setiawan (Kimia, FMIPA)  Neelam Puspitasari (Pendidikan Fisika, FMIPA) dengan dosen pembimbing  Dr Bambang Subali MPd

Pada kategori poster UNNES memeroleh 2 emas.   Emas pertama  diperoleh tim yang terdiri atas  Ika Widyastuti (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS), Diar Ayu Prastianing Tyas ( Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, FBS), Agdya Mayang Savitri (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS) dan  Sinta Nistiana (Bimbingan Konseling, FIP). Dengan bimbingan Zuliyanti SPd  MPd, tim ini mengangkat judul Sekolah Permainan Tradisional sebagai Wahana Pendidikan Karakter bagi Anak di Dusun Kalinongko Kabupaten Grobogan.

Emas kedua dipersembahkan Poster ber judul Tarian Ikonik untuk Generasi Milenial Desa Mageru Kabupaten Sragen.   Tim yang terdiri atas  , Nur Fadilla Fitriani ( Sendratasik, FBS ),  Abdul Basyith ( Manajemen, FE ), Muhamad Soleh ( Sendratasik, FBS) dengan dosen pembimbing Lesa Paranti SPd  MA.

Tarian Ikonik untuk Generasi Milenial Desa Mageru Kabupaten Sragen yang dipresentasikan oleh Chrisan Tiyansa ( Sendratasik, FBS) bersama timnya juga memeroleh medali Perak.

Perak kedua dipersembahkan oleh Ratna Indah Lestari (Teknik Kimia, FT) Muhamad Yoga Prayogo (Teknik Kimia, FT) dan Khoiriyah Rahmawati (Teknik Kimia, FT) dengan pembimbing  Bayu Triwibowo, ST  MT.  Judul karya Optimasi Karakteristik Fisik dan Nilai Gizi Rice Crackers berbasis Beras Merah Organik Terfortifikasi Ekstrak Kulit Delima.

Medali perak ketiga diperoleh  Monica Avissa (Kimia, FMIPA), Idhea Pryas Islami (Kimia, FMIPA), dan Sinta Kurnia Rahmawati (Biologi, FMIPA), dosen pembimbing Mohammad Alauhdin PhD, judul karya Sensor Ion Logam Berat Berbasis Nanopartikel Perak dan Lignin.

Karya mahasiswa berjudul SIMASA “Aplikasi Penyusun Menu Makan Lansia” Panti Wredha Harapan Ibu Kota Semarang memeroleh medali perunggu. Tim ini terdiri atas Awalukin Arianto (Gizi, FIK), Rahmatia Syafira (Gizi, FIK), Ummi Toibah (Gizi, FIK),  Moh. Affandi (PTIK, FT), dosen pembimbing Galuh Nita Prameswari  SKM  MKes.


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X