UNNES Kerjasama Dengan UTDC PMI Kota Semarang Selenggarakan Donor Darah

Rabu, 27 Februari 2019 | 14:55 WIB


UNNES Kerjasama Dengan UTDC PMI Kota Semarang Selenggarakan Donor Darah

UNNES melalui Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) bekerjasama dengan Unit Tranfusi Darah Cabang (UTDC) Palang Merah Indonesia  (PMI) Kota Semarang menggelar aksi donor darah rutin tiap  tiga bulan sekali sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama.

Kegiatan ini ramai  diikuti civitas akademika UNNES yaitu para dosen, karyawan maupun mahasiswa, Rabu (27/2) di Perpustakaan Sekaran Gunungpati.

Salah satu pendonor Rochsid Tri Hanggoro Putro (karyawan)  menuturkan bahwa dirinya sudah rutin  mendonordarahnya sebanyak 18 kali. Hal ini ia lakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kesegaran tubuh.

Rochsid juga menambahkan, melalui kegiatan seperti ini kita juga belajar untuk membantu saudara kita yang membutuhkan tanpa harus memandang siapa yang menerimanya.

Hal senada juga dituturkan oleh Riful Prasetyanto (Satpam) bahwa melakukan donor darah rutin maka tubuh akan terasa “enteng” dan Ahmad Mahardika (mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan) menuturkan saya tidak bisa diambil darahnya karena kurang memenuhi syarat yakni minimal  hemoglobin 12 gr/dl dan  minimal tekanan darah  harus berada pada angka 100-160 untuk sistolik dan 70-100 untuk diastolic. Krista selaku petugas dari UPTD PMI Kota Semarang mengatakan, kegiatan donor darah ini rutin di agendakan oleh UNNES. Selain kerjasama dengan UNNES juga melakukan hal yang sama dengan kampus lain, Pemda, Swasta maupun Militer.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 240 kali
EDITOR : Sihono
X