UNNES Gerakkan Mahasiswa Dalam Misi Kemanusiaan Pasca Gempa Banjarnegara

Senin, 23 April 2018 | 7:22 WIB


UNNES Gerakkan Mahasiswa Dalam Misi Kemanusiaan Pasca Gempa Banjarnegara

Sebagai bentuk kesadaran mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang bersolidaritas tinggi dalam misi kemanusiaan, pada Sabtu (21/04) kemarin ikut terjun sebagai aksi pelopor korban bencana gempa di Kecamatan Kalibening, Kab. Banjarnegara. Tim penyelamat dari Pusat Studi Kebencanaan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) melakukan rapid mapping pasca bencana.

Tim terdiri dari 7 orang, yang beranggotakan 2 dosen dan 5 mahasiswa dari prodi Geografi.  Sebagaimana diketahui, untuk penanganan pasca bencana, diperlukan pemetaan tentang lokasi terdampak yang akan berguna sebagai data dasar pengambilan keputusan penanganan pasca bencana yang berbasis spasial. Dengan demikian akan ada data yang akurat mengenai siapa yang terdampak, di mana lokasi rumahnya, dan seberapa parah kerusakannya. Tim melakukan pemetaan dengan menggunakan drone (pesawat tanpa awak).

Sebagai salah satu universitas yang menjunjung tinggi solidaritas kemanusiaan, sudah sepatutnya UNNES mampu memberikan aksi nyata kepada masyarakat melalui unjuk kepedulian mahasiswa yang dilakukan demi tercipta nya generasi non apatis.

Misi tersebut diketuai oleh Elok Surya Pratiwi SSi MSc salah satu dosen Jurusan Geografi. Meskipun hanya satu hari di lokasi, UNNES telah berhasil memetakan dan mendata tingkat kerusakan di dua dari empat dusun yang paling parah terdampak gempa. Proses mapping ini akan diteruskan oleh tim dari PSB UMS Surakarta.

 

Dwi Hermawan & Vina Tahara (Students Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 473 kali
EDITOR : Lintang Hakim

satu komentar pada “UNNES Gerakkan Mahasiswa Dalam Misi Kemanusiaan Pasca Gempa Banjarnegara

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X