UNNES Adakan Pelatihan ESQ Untuk Akselerasi Perubahan Universitas Berkelas Dunia

Senin, 19 April 2021 | 14:17 WIB


UNNES Adakan Pelatihan ESQ Untuk Akselerasi Perubahan Universitas Berkelas Dunia

Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah menyelenggarakan Training Emosional dan Spiritual Question (ESQ) secara Virtual. Pelatihan khusus ini diikuti oleh civitas akademika UNNES guna meningkatkan mindset Kepemimpinan Bertumbuh Berbasis Emosional dan Spiritual Question (ESQ) Untuk Akselerasi Perubahan UNNES Berkelas Dunia.

Pelatihan ini menghadirkan pembicara Founder dan CEO ESQ Group Dr (HC) Ary Ginanjar Agustin, Senin (19/4).

Menurut Dr (HC) Ary Ginanjar menjadi pemimpin, artinya mempunyai tanggung jawab untuk mengendalikan, mengontrol, menjadi problem solver handal di masa krisis sekalipun bahkan menjadi citra Institusi.

“Semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin tinggi pula tanggung jawab mereka. Pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar. Sebagai pemimpin perlu menumbuh kembangkan potensi yang dimiliki dan harus siap dengan era perubahan,” kata CEO ESQ Grup.

Dr (HC) Ary Ginanjar menambahkan, untuk menyemai dan menumbuhkan kepemimpinan memerlukan Level of ESQ Socio Emotional level pertama Dependent, level kedua Ego-Independent, level ketiga Socio-Dependent, level keempat Intra-Independent, dan Inter-Dependent (Common Good).

“Level 1 sampai 3 itu masih tentang individual (ego diri sendiri). Sedangkan di level 4 dan 5, bukan tentang kepentingan sendiri lagi. Namun, kita sudah ke tahap memberikan kontribusi untuk khalayak,” jelas Ary Ginanjar.

Founder dan CEO ESQ Group juga menjelaskan agar menumbuhkan mindset Kepemimpinan Bertumbuh Berbasis Emosional dan Spiritual Question (ESQ) untuk Akselerasi Perubahan UNNES Berkelas Dunia perlu menumbuhkan level ESQ Socio Emotional level 4 dan 5 serta kemampuan Coaching.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas terjalinnya pelatihan ESQ Untuk Akselerasi Perubahan UNNES Berkelas Dunia.

“Saya sampaikan terimakasih kepada Founder dan CEO ESQ Group Dr (HC) Ary Ginanjar Agustin yang sudah memberikan pelatihan ESQ kepada civitas akademika UNNES. UNNES dan ESQ ini sudah 4 kali mengadakan pelatihan. Harapannya pelatihan kali ini dapat menumbuhkan mindset Kepemimpinan Bertumbuh Berbasis Emosional dan Spiritual Question (ESQ) Untuk Akselerasi Perubahan UNNES Berkelas Dunia,” terang Prof Fathur.

Selain itu, Prof Fathur juga menyampaikan materi “Kepemimpinan Bertumbuh untuk Perubahan UNNES Berkelas Dunia”.

Dalam paparannya, Rektor UNNES menyampaikan kepemimpinan ibarat pohon yang banyak memiliki inspirasi dan simbol karakter yang baik.

“Prinsip kepemimpinan bertumbuh diantaranya menumbuhkan benih kepemimpinan, memperkuat pohon kepemimpinan, merangkai jejaring, seperti pohon pemimpin yang kuat harus mampu menghadapi badai, dan kepemimpinan menyemai tunas kepemimpinan baru,” jelas Prof Fathur Rokhman.

Lebih lanjut kepemimpinan bertumbuh adalah kesadaran, komitmen, dan kompetensi menumbuhkan panggilan kepemimpinan dengan visi besar bagi perubahan.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X