Tingkatkan Publikasi Pembelajaran IPA, Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES Selenggarakan Semnas IPA IX

Rabu, 25 April 2018 | 8:53 WIB


Tingkatkan Publikasi Pembelajaran IPA, Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES Selenggarakan Semnas IPA IX

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai Universitas Konservasi merupakan universitas dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat memiliki konsep yang mengacu pada prinsip-prinsip konservasi (perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari) baik konservasi terhadap sumber daya alam, lingkungan, seni dan budaya.

Penelitian kependidikan khususnya di bidang pembelajaran IPA berbasis konservasi merupakan sarana membentuk sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, keterampilan, dan motivasi serta komitmen untuk ikut andil dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Untuk itu, Jurusan IPA Terpadu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyelenggarakan Seminar Nasional (Semnas) IPA IX bekerjasama dengan Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia (PPII), Minggu (21/04) di Hotel Grasia Semarang.

Seminar dengan tema “Evaluasi, Riset, dan Publikasi Pembelajaran IPA” dengan pembicara Prof Dr Anna Permanasari dari UPI, Prof Dr rernat Sajidan dari UNS, dan Dr Parmin dari UNNES. Seminar diikuti 300 peserta dari berbagai Universitas di Indonesia.

Dekan FMIPA UNNES Prof Dr Zaenuri saat membuka kegiatan mengatakan bahwa kegiatan Seminar ini dirancang untuk mewadahi pertemuan para pelaksana dan pemerhati pendidikan IPA di Indonesia, sebagai forum akademik untuk bertukar pikiran, dan sebagai bagian dari kegiatan Dies Natalis UNNES ke-53.

Ketua Panitia Erna Noor Savitri SSi MPd menyatakan bahwa para peserta pemakalah dapat menyampaikan gagasan konseptual, pengetahuan, pengalaman, penelitian pendidikan sains (IPA) yang berkaitan dengan upaya menyiapkan manusia yang inovatif dan berdaya saing.

Ketua Jurusan IPA Terpadu FMIPA UNNES Novi Ratna Dewi SSi MPd menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, para peserta juga semakin menyadari bahwa inovasi riset, evaluasi serta publikasi pembelajaran dan penelitian IPA berbasis konservasi merupakan bekal seorang pendidik IPA untuk meningkatkan mutu diri sehingga berkualitas dan berdaya saing di dalam negeri maupun di luar negeri di era disrupsi ini.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 250 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X