Teliti Pola Pembelajaran Materi Kontroversial Mapel IPS, Arif Purnomo Raih Gelar Doktor

Kamis, 12 November 2020 | 13:10 WIB


Teliti Pola Pembelajaran Materi Kontroversial Mapel IPS, Arif Purnomo Raih Gelar Doktor

Segenap civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial turut berbangga dan bahagia dengan makin diperkuatnya sektor Sumber Daya Manusia (SDM). Dosen FIS UNNES atas nama Arif Purnomo SPd SS MPd telah dinyatakan lulus dalam Ujian Terbuka Program Doktor Pendidikan IPS, Program Pasca Sarjana UNNES (12/11).

Dr Arif Purnomo SPd SS MPd telah berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul, “Pola Pembelajaran Materi Kontroversial Mata Pelajaran IPS pada Guru Berlatar Belakang Pendidikan Monodisiplin dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa SMP di Kota Semarang”, di depan dewan penguji dengan predikat “Sangat Memuaskan”.

Penelitian Dr Arif Purnomo SPd SS MPd mengungkapkan bahwa dalam mata pelajaran IPS terdapat banyak materi pembelajaran yang perlu dianalisis oleh guru sebagai sarana berpikir kritis siswa. Untuk itu, maka pembelajaran ideal yang dianjurkan adalah pendekatan yang mengacu pada pola student centred learning/pembelajaran yang berpusat pada aktivitas peserta didik.

“Materi pembelajaran IPS yang bersifat kontroversial berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa”, tuturnya.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman Mhum menyampaikan selamat dan bangga kepada Arif Purnomo telah berhasil meraih gelar Doktor Pendidikan IPS Program Pasca Sarjana UNNES.

Selain itu, Prof Fathur mengungkapkan, dengan adanya doktor baru diharapkan semakin meningkatkan kualitas layanan akademik di FIS UNNES.

“Tenaga pendidik di lingkungan FIS UNNES senantiasa didorong untuk terus berkembang sejalan dengan program universitas yang berkomitmen penuh mewujudkan SDM yang unggul,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X