Tarawih Perdana UNNES, Sambut Ramadan dengan Rasa Syukur

Kamis, 17 Mei 2018 | 13:02 WIB


Tarawih Perdana UNNES, Sambut Ramadan dengan Rasa Syukur

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Mengawali bulan Ramadan 1439 H, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan tarawih perdana di Masjid Ulul Albab (MUA). Bertindak sebagai imam yaitu Dr Sulaeman, Rabu malam (16/5).

Acara diawali dengan sholat isya berjamaah dilanjutkan shalat tarawih delapan rakaat dan shalat witir tiga rakaat. Setelah itu, disampaikan sambutan oleh Ketua Badan Amalan Islam UNNES dan diakhiri dengan tausiyah dari Prof Dr A Rofiq MA.

Tausiyah kali ini menekankan tentang hakikat berpuasa. Puasa sejatinya merupakan suatu instrumen untuk mensucikan diri manusia. Niatkan puasa dengan ikhlas kemudian bermukhasabah agar dosa-dosa yang terdahulu diampuni oleh Allah sehingga menjadi hamba-Nya yang bertakwa. Tujuan lainya yaitu supaya manusia merasakan keadaan orang-orang yang kurang beruntung dan mengajari untuk berbagi kepada mereka.

“Jangan sampai kita hanya mendapat lapar dan dahaga saja. Sia-sialah puasa kita jika tetap berkata kotor dan berbuat buruk. Maka barangsiapa yang tidak berbuat baik di bulan ramadan sungguh dia akan merugi,”ujar Prof Rofiq.

Dalam sambutannya Ketua BAI UNNES Drs Anwar Haryono mengajak jamaah untuk bersyukur kepada Allah karena masih dipertemukan dengan bulan ramadan tahun ini.Dirinya juga mengajak untuk menjaga puasa dan berbuat baik selama bulan ramadhan.

Unit Kerohanian Keagamaan Islam (UKKI) UNNES bekerjasama dengan BAI UNNES akan menggelar berbagai acara selama bulan ramadan , antara lain sholat tarawih , kajian senja & buka puasa, kajian islam intensif, nuzulul quran, pengumpulan dan pembagian zakat fitrah.

Nida MR & Abdul Majid(Students Staff)


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 376 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X