Startup Binaan UNNES Ikuti PPBT Business Camp 2018 di Jakarta

Jumat, 13 April 2018 | 7:52 WIB


Startup Binaan UNNES Ikuti PPBT Business Camp 2018 di Jakarta

Sebanyak lima startup atau tenant binaan Inkubator Unit Bisnis Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang (LP2M UNNES) yang mendapatkan pembiayaan Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) 2018 mengikuti pelatihan PPBT Business Camp 2018 bersama 144 tenant dan 144 pendamping dari inkubator seluruh Indonesia di Jakarta.

Pelatihan tersebut dilaksanakan Direktorat Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi pada Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi selama 6 hari mulai Senin-Sabtu (9-14/2018) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta.

Selain pelatihan juga dilakukan penandatanganan kontrak antara Pejabat Pembuat Komitmen Program PPBT dengan Inkubator. Penandatanganan kontrak secara simbolis dilaksanakan hari kedua pelatihan, disaksikan Menristekdikti Prof Dr H Mohamad Nasir PhD.

Turut hadir sejumlah pejabat dari Kemenristekdikti, para undangan dari berbagai kementerian/lembaga negara, pengusaha nasional dan akademisi berbagai perguruan tinggi.

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Jumain Appe dalam sambutan menyampaikan, saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan industri yang semakin kompleks dan kompetitif. Dalam era Revolusi Industri 4.0 ini, inovasi teknologi dan sumber daya manusia (SDM) yang unggul adalah kunci utama menentukan daya saing bangsa.

Jumain Appe menjelaskan, revolusi Industri 4.0 antara lain kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), teknologi robotika, realitas maya (Virtual Reality), dan mesin cetak tiga dimensi (3D). 2018 ini, Kemenristekdikti melalui Program PPBT memberikan pendanaan kepada 144 startup teknologi dari seluruh Indonesia. Program tersebut membekali pendiri startup dengan pendanaan usaha, keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan sehingga dapat meminimalisir kegagalan dan menjadi startup yang berkualitas.

Ketua Inkubator Unit Bisnis LP2M UNNES Dra Margunani MP menyampaikan, lima tenant dan pendamping yang mengikuti PPBT yaitu “Bio Flame Gel” (Eko Budi Wahyono /EkaYuli Astuti MA),”Wood Drying Kiln (Sonika Maulana/Dra Margunani MP), “Hygie 6+” (Sukarno/Retnoningrum Hidayah SE MSi MSc), “Sampah Muda” (Reanes Putra Tito/Anindya Ardiansari SE MM), dan “Smart Solar Home System” (RizkyRofiAji/Nurul Fibrianti SH MHum).


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 320 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X