Sosialisasikan Program di UNNES, PCMI Jateng Undang Delegasi Terbaik Ikuti PPAN 2019

Selasa, 5 Maret 2019 | 15:46 WIB


Sosialisasikan Program di UNNES, PCMI Jateng Undang Delegasi Terbaik Ikuti PPAN 2019

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Jawa Tengah mengundang pemuda-pemudi Jawa Tengah untuk mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Dengan menggandeng Universitas Negeri Semarang (UNNES), Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Jawa Tengah menyelenggarakan Roadshow dan Sosialisasi tentang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2019, Selasa (5/3).

Pada tahun sebelumnya,  Provinsi Jawa Tengah telah mengirim delegasi perwakilannya di tiga program PPAN dengan tujuan negara yang berbeda.

Mereka ialah Dio Dirgantara untuk program Ship For South East Asia Youth Program (SSEAYP), Tifani Diahnisa Hardianti untuk program Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), dan Faris Nur Khulafa – Asean India Students Exchange Program (AISEP).

Sementara di tahun 2019, PCMI Jawa Tengah mendapatkan kuota 4 delegasi untuk beberapa program yang dapat diikuti, yakni Ship for South East Asia Youth Program (1 Putra), Indonesia-Korea Youth Exchange Program (1 Putra), Australia-Indonesia Youth Exchange Program (1 Putri), dan Singapore-Indonesia Youth Leadership Exchange Program (1 Putri).

Faris Nur Khulafa menjelaskan, Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) ini merupakan salah satu program pemerintah Republik Indonesia dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkan delegasi menghadapi tantangan global di masa mendatang.

“Program ini dilaksanakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan megirimkan duta muda terbaik Indonesia di berbagai program pertukaran ini,” jelas mahasiswa PGSD UNNES tersebut.

Pengelolaan program ini, imbuh Faris, secara resmi dilakukan oleh Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi yang bekerjasama dengan mitra utamanya yakni PCMI sebagai organisasi perhimpunan alumni program pertukaran.

Penyelenggaraan program bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerja sama Pemuda Indonesia dengan Pemuda dari negara tujuan, meningkatkan rasa saling pengertian diantara masyarakat khususnya generasi muda dengan negara tujuan, dan menciptakan kader-kader pemimpin bangsa yang berwawasan internasional.

Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih mengenal adat-istiadat negara tujuan, tukar-menukar pengalaman dan melakukan kegiatan bersama, serta menciptakan jaringan informasi, komunikasi, dan bisnis dalam skala global.

Pendaftaran Seleksi PPAN Jawa Tengah 2019 telah resmi dibuka pada tanggal 3-20 Maret 2019 medatang. Informasi selengkapnya dapat diakses di laman pcmijateng.wordpress.com.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 349 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X