SNMPTN dan Bidik Misi, Unnes Konsisten Sistem Online

Sabtu, 26 Februari 2011 | 22:01 WIB


Mereka tampak antusias mencermati paparan Sucipto Hadi Purnomo. Dalam rangkaian roadshow sosialisasi SNMPTN yang disampaikan Kepala Humas Unnes itu, sekira 35 guru bimbingan konseling se-Kabupaten Rembang  mengikuti demo alur pendaftaran SNMPTN. Maklumlah, pertanyaan seputar SNMPTN jalur undangan, jalur tulis, dan Beasiswa Bidik Misi masih menjadi persoalan yang membingungkan mereka.

Beasiswa Bidik Misi menjadi bahasan favorit pada forum yang diselenggarakan di ruang teknologi informasi SMAN 1 Rembang, Sabtu (26/2). Muncul beragam persepsi perihal beasiswa itu.

“Bagaimana prosedur mendapatkan nomor induk sekolah pemberi rekomendasi (NISR) pada isian pendaftaran online di laman bidik misi? Kami kesulitan mendaftarkan siswa tanpa NISR. Lagi pula, untuk data isian yang sudah kami input, tetap saja harus dikirimkan versi cetak kan, Pak?” tanya N Miektsirlina, guru bimbingan konseling SMAN 1 Sulang.

Lalu simulasi dimulai. Dioperatori oleh Subiyanto, semua peserta pun mencermati mekanisme pendaftaran Bidik Misi. Tapi memang, pada forum itu pun pertanyaan tentang NISR belum terjawab. Tanpa bermaksud cuci tangan, tim sosialisasi merekomendasikan untuk menanyakan ke call center SNMPTN pusat. Ditambah, tim menjanjikan akan menyampaikan informasi terbaru terkait dengan pertanyaan NISR, seusai koordinasi pada rapat tim. Selain itu, beberapa guru memang berasumsi berkas data siswa harus dikirim pula dalam bentuk cetak ke panitia SNMPTN dan perguruan tinggi pilihan siswa.

Segera, Sucipto dengan tegas menampik, “Saya pastikan, jikalau pilihan perguruan tinggi itu adalah Unnes, tidak ada pengiriman berkas dalam bentuk cetak. Kami konsisten online. Sebab, selain peduli konservasi, pengiriman berkas cetak dianggap tidak efektif dalam biaya. Dengan menggunakan sistem online pada pendaftaran SPMU tahun lalu, ada sekira Rp3 miliar dana masyarakat bisa dihemat.”

Lanjut Sucipto, dirinya dan tim juga berusaha berkoordinasi kepada perguruan tinggi lain untuk konsisten pada sistem pendaftaran online.


DIUNGGAH : Nana Riskhi
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

72 komentar pada “SNMPTN dan Bidik Misi, Unnes Konsisten Sistem Online

  1. maaf pak mau bertanya ? bagaimana cara mengikuti bidik misi UNNES . dan apabila melalui online mcari infonya di mana (alamatnya) dan buat saat ini apakah masih di buka ?

  2. assalamu’alaikum…….. mau tanya ni. terakhir daftar bidik misi kapan? dan program studi apa saja yang diajukan dalam bidik misi?

  3. Karena pendaftaran Bidik Misi terintegrasi dengan SNMPTN, silakan membuka undangan.snmptn.ac.id. Itulah satu-satunya sumber info tersahih tentang Bidik Misi via SNMPTN Jalur Undangan. Salam.

  4. Assalamu’alaikum wr,wb
    Mau tanya, program bidik misi di unnes kalo semisalnya udah diterima ada tes lagi nda?terima kasih

  5. Jika pendaftar Bidik Misi sudah diterima, tidak ada seleksi lagi. Yang dilakukan hanya verifikasi data. Salam.

  6. kalau ga bs lwat online dftar bidikmisinya gmn??otomatis hrus kirim data manual…
    trus cara ngedapetin kode PTnya gmn?????

    1. Silakan buka kembali undangan.snmptn.ac.id. Jika masih kesulitan, silakan hubungan tim IT kami, 024-8508085. Salam.

  7. assalam,
    mau nanya, klo daftar lewat undangan,apa di tes lagi???
    nilai rata-rata Rapor itu semua mapel ato gimana???

  8. saya pingin masuk unesss.saya pingin masuk ke jurusan pendidikan teknik otomotiff.saya pernah mengikuti uji kompetensi dalam bidang otomotif.saya
    termasuk siswa yang mendapat peringkat kelas setyap semesternya.dan bagaimana caranya mendaftar.tlong hubungi no saya 085786232188.thanks

  9. assalamu’alaikum wr.wb………..
    untuk SNMPTN jalur Undangan yang bukan bidikmisi ada pemberkasan engga??? klo ada kapan batas terakhir dikirim????
    makasih……..
    wassalamu’laikum wr.wb………

  10. Bidik misi jalur undangan, dikabarkan ada bidik misi jalur tulis. Benarkah, jika benar bagaimana tata cara pendaftarannya dan diinformasikan juga kalau pada jalur tersebut dilampirkan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah, dalam hal ini Surat Rekomendasi Kepala Sekolah yang seperti apa ?

  11. mau tanay pengiriman berkas persyaratan bdik misi lulusan tahun 2010 paling lambat tgl berapa?ni mau sgera daftar

  12. Asslmk..
    Pak gimana c kalw kita maw ambil Bidik Misi jalur SNMPTN… kurang ngerti pak…?? n apa NISR itu harus ada…

  13. Kepada panitia Bidik misi Unnes jalur ujian tulis,
    mohon dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk NISR (nomor induk sekolah pemberi rekomendasi)? matur nuwun sebelumnya atas penjelasannnya

  14. gimana kalo kita udah bayar ke bank mandiri dan mau narik uang nya lagi ? soalnya program bidikmisi udah dapet pin dan id nya ?

  15. cara pendaftaran bidikmisi yg tertulis tolong ksih penjelasan yg lengkap dan apakah unes pnya cabang? jk pnya dmana sja cabang-cabang tersebut?

  16. Assalamualaikum Wr.Wb, saya mau tanya . . pengumuman bidik misi SNMPTN TAHUN 2011 jalur tertulis kpan y? terimakasih Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  17. assalamu’alaikum wr. wb ,saya mau tanya,,,,,
    bagaima caranya ragistrasi online untuk jalur tertulis yg bidik misi?

  18. bagi yg sudah di terima bidikmisi kmren,, brati sudah positif dapat bidikmisi kan???… untuk pengumuman hasil survai apakah mempengaruhi bidikmisi yg sudah di dapat?? mohon di balas…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X