SMA Unggulan PMS Kendal Sabet Juara Umum YRCC 2019 KSR PMI Unit UNNES

Selasa, 10 September 2019 | 14:36 WIB


SMA Unggulan PMS Kendal Sabet Juara Umum YRCC 2019 KSR PMI Unit UNNES
Humas Doc.

Sebanyak 36 kontingen dari 29 unit Palang Merah Remaja (PMR) se-Indonesia berkompetisi selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu (30/8-1/9) bertempat di Universitas Negeri Semarang (UNNES) kampus Sekaran. Mereka mengikuti sejumlah lomba, antara lain cerdas tangkas, pertolongan pertama, perawatan kedaruratan, pendidikan remaja sebaya, sekolah siaga bencana, hingga arak-arak budaya.

Tak hanya peserta didik, dalam kegiatan bertema “Mempererat Persaudaraan Palang Merah Remaja Melalui Kreasi dan Inspirasi dengan Menjunjung Tinggi Sportivitas” tersebut, Pembina PMR dari tiap sekolah juga mengikuti sarasehan pendamping serta acara Happy fun.

Kompetisi ini berhasil meneguhkan SMA Unggulan Pondok Modern Selamat sebagai juara umum YRCC se-Indonesia.

“Saya bangga dengan mereka karena semua tak lain adalah berasal dari kerja keras dari mereka sendiri, saya hanya memberi masukan dan arahan, puji syukur alhamdulillah mendapat Juara Umum tahun ini dengan membawa predikat juara 1 PK, juara harapan 2 PRS, dan juara harapan 3 LCT,” ujar Pembina PMR dari SMA Unggulan PMS Kendal.

Berada diurutan kedua, SMAN 1 Singaraja yang berhasil menyabet juara harapan 2 LCT, juara harapan 1 PRS, juara 1 SSB, dan juara 2 PK. Sementara juara umum 3 berhasil dimenangkan oleh SMAN 5 Semarang Team A dengan perolehan juara harapan 2 SSB dan juara 3 LCT.

Menurut ketua panitia, Rina Sulistiana, PMR Wira berperan sebagai peer educator dalam hal peningkatan pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diharapkan mampu mendorong perilaku positif pada remaja.

“Maka melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan bagi para remaja untuk mendorong tercapainya prestasi dan penumbuhan karakter yang unggul,” jelas Rina.

Hadir dalam kesempatan tersebut, unsur pimpinan Universitas Negeri Semarang (UNNES), perwakilan dari PMI Kota Semarang, dan rekan-rekan Unit Kegiatan Mahasiswa.

“Kegiatan yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit UNNES ini juga bertujuan untuk lebih menjalin persahabatan antar-PMR se-Indonesia yang memiliki berbagai latar belakang kebudayaan yang berbeda. Hal ini sesuai dengan visi UNNES untuk menjadi universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional,” jelas Koordinator Dosen Pembina UKM Bidang Minat dan Kegemaran Drs Kusmuriyanto MSi, saat memberikan sambutan.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 269 kali
EDITOR : Lintang Hakim
X