Siap Berikan Kontribusi Nyata, 2.049 Mahasiswa KKN UNNES Diterjunkan

Sabtu, 13 Juli 2019 | 0:20 WIB


Siap Berikan Kontribusi Nyata, 2.049 Mahasiswa KKN UNNES Diterjunkan
DWI HERMAWAN / STUDENT STAFF

Sebagai akademisi, disana saudara diminta untuk memberikan kontribusi nyata pada masyarakat. Saudara dapat membantu masyarakat melalui ilmu yang telah saudara pelajari selama menempuh studi di kampus. Jadi, jika tidak ada hal yang genting dan penting, jangan terlalu sering meninggalkan desa KKN saudara.

Pesan tersebutlah yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdurrahman MPd saat memberikan arahan kepada 2.049 Mahasiswa KKN Tahap I pada Jumat (12/7), bertempat di Lapangan Rektorat Universitas Negeri Semarang (UNNES).

“KKN kali ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa ilmu murni atau non kependidikan, tapi bukan berarti saudara tidak dapat mengajar dan membuat program bertema kependidikan,” jelas Dr Abdurrahman.

Oleh masyarakat, imbuhnya, saudara dianggap sebagai mahasiswa yang luar biasa. Dapat melakukan banyak hal, termasuk memberikan pengajaran bagi anak-anak disana. Perlu diingat, bidang garapan KKN itu beragam, ada yang bidang kesehatan, bidang ekonomi, bidang konservasi dan lingkungan, serta bidang pendidikan.

Kepada peserta KKN, Ia mengimbau untuk dapat menjaga nama baik UNNES dan membantu memberdayakan masyarakat dengan serius agar masyarakat merasakan nilai dan manfaat dari KKN.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan KKN Dr M Burhan Rubai Wijaya MPd melaporkan, KKN Tahap I tahun 2019 ini terbagi atas KKN Lokasi tahap I, KKN Alternatif Tahap IIA, KKN Keilmuan, KKN Kemitraan Penelitian dan Pengabdian, dan KKN Kemitraan Antar Perguruan Tinggi (UNNES, UPI, UNY dan UNJ) Tahun 2019.

“Nantinya, Mahasiswa KKN Lokasi akan diterjunkan di lima kabupaten yakni Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Jepara, Kabupaten Brebes, dan Kabupaten Cirebon. Sementara KKN Alternatif, KKN Kemitraan dan KKN Keilmuan akan diterjunkan di Kota Semarang dan Kabupaten Semarang,” jelas Dr Burhan.

Dengan didampingi oleh 54 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), KKN UNNES kali ini mengusung tema “Pengembangan dan Penguatan Desa melalui Pemberdayaan Masyarakat”.

“Selain 2.049 peserta KKN yang diterjunkan saat ini, UNNES juga telah mengirimkan 5 mahasiswa untuk menjadi delegasi UNNES dalam KKN Kebangsaan di Ternate dan Tidore. Jadi, apapun skema dan jenis KKN nya, diharapkan mahasiswa UNNES mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat,” papar Dosen Fakultas Teknik tersebut.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 731 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X