Seruan Moral Majelis Profesor UNNES Menaggulangi Wabah Covid-19

Senin, 20 April 2020 | 14:44 WIB


Seruan Moral Majelis Profesor UNNES Menaggulangi Wabah Covid-19

Majelis Profesor Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyampaikan seruan moral sebagai bentuk sikap kebersamaan dan kepedulian dalam percepatan penangan Covid-19: dari rumah ilmu, UNNES untuk rumah kita, Indonesia. Seruan dilakukan secara daring melalui jaringan Zoom, Senin (20/4).

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, dukungan atas seruan moral yang disampaikan Majelis Profesor yang didalamnya ada 68 Profesor UNNES.

“Seruan Moral Majelis Profesor UNNES tentang ajakan sikap Kebersamaan dan kepedulian sosial dalam percepatan penanganan Covid-19 merupakan ajakan gerakan kemanusiaan yang harus didukung. Dalam menghadapi Covid-19 UNNES Telah melakukan berbagai langkah penanganan strategis diantaranya pembentukan satgas covid UNNES, Pembuatan hand sanitaser dan masker, pembagian sembako bagi mahasiswa yang masih tinggal di kos, perkuliahan secara daring dan fasilitasi akses perkuliahan daring. Semoga wabah ini segera berakhir sehingga proses perkuliahan dan tri dhrama berjalan secara normal kembali,” kata Prof Fathur Rokhman.

Prof Mungin Edy Wibowo MPd Kons selaku Ketua Majelis Profesor UNNES mengatakan seruan moral ini disampaikan sebagai bentuk kepudulian dan dukungan langkah pemerintah dalam menangani Covid-19.

“Adanya peningkatan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di dunia dan di Indonesia yang menimbulkan korban jiwa dan kerugian material serta telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat dan warga dunia dalam menjalani kehidupannya. Untuk itu Majelis Ptrofesor Unnes menyampaikan seruan moral sikap kebersamaan dan kepedulian seluruh elemen masyarakat dan bangsa Indonesia. Majelis Profesor UNNES Sebagai elemen masyarakat dan bangsa Indonesia turut bersama Pemerintah Republik Indonesia, bangsa Indonesia dan warga dunia dalam Percepatan Penanganan COVID-19,” Kata Prof Mungin.

Lebih lanjut Prof Mungin menyampaikan terdapat 9 poin Seruan Moral yang dilakukan bersama 68 Profesor UNNES sebagai berikut.

1. Mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk bersatu meneguhkan sikap, niat dan tindakan yang cerdas dalam upaya mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan masyarakat, warga negara dan bangsa Indonesia secara berkeadilan serta tidak diskriminatif dengan menjunjung tinggi hak azasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa.

2. Mengajak seluruh komponen bangsa untuk meningkatkan ketahanan nasional dengan mengutamakan kerukunan bersama, saling dukung dengan meningkatkan budaya gotong royong, membangun solidaritas untuk bersama-sama bersinergis dalam upaya mempercepat penanganan COVID-19, sebagai tanggung jawab bersama seluruh komponen bangsa Indonesia.

3. Mendukung Pemerintah dalam memperkuat koordinasi, pengendalian, dan pengawasan pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan COVID-19 melalui sinergis antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, serta mengomunikasikan perkembangan penanganan COVID-19 kepada masyarakat.

4. Ikut berpartisipasi dalam mengawal implementasi program percepatan penanganan COVID-19 dengan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial yang tinggi, agar langkah-langkah kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah berjalan cepat, tepat, fokus, dan terpadu dalam program percepatan penanganan COVID-19.

5. Mengajak semua komponen bangsa untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk mencegah menularnya COVID-19 dengan tetap menjaga jarak orang lain dan menghindari kontak fisik langsung dengan orang lain demi kesehatan, keselamatan dan kebaikan bersama seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia.

6. Memberikan dukungan dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga medis yang telah berjuang dengan mempertaruhkan kesehatan dan keselamatannya dalam penanganan COVID-19 tanpa pamrih yang didasarkan pada keihklasan dan profesionalitas untuk melindungi kesehatan dan keselamatan segenap masyarakat dan bangsa Indonesia.

7. Memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat, sukarelawan, dan kekuatan sosial yang telah menunjukkan sikap kebersamaan dan kepedulian sosial dalam berpartisipasi terhadap program percepatan penanganan COVID-19.

8. Mengajak semua komponen bangsa meningkatkan sikap kebersamaan, kepedulian sosial, gotong royong dan berpartisipasi dalam mencegah, mendeteksi, dan merespon terhadap COVID-19 yang melanda segenap masyarakat, bangsa Indonesia dan warga dunia.

9. Mengajak seluruh anggota Majelis Profesor, Senat Universitas, dan segenap Pimpinan tingkat universitas sampai tingkat program studi untuk terus meningkatkan sikap kebersamaan dan kepedulian sosial dalam memberikan memberikan bantuan material dan moral dalam percepatan penanganan COVID-19 yang sedang melanda masyarakat dan bangsa Indonesia.

“Seruan moral ini kami sampaikan sebagai sikap kebersamaan dan kepedulian sosial Majelis Profesor UNNES, terhadap program pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19. Semoga segera berakhir sehingga kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia serta warga dunia normal kembali,” tutur Prof Mungin.


DIUNGGAH : Sihono
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X