Seminar Majelis Profesor UNNES: Karakter, Inovasi, dan Kreativitas

Rabu, 4 Maret 2020 | 10:15 WIB


Seminar Majelis Profesor UNNES: Karakter, Inovasi, dan Kreativitas

Majelis Profesor UNNES telah menyelenggrakan seminar Majelis Profesor UNNES dengan tema Karakter, Inovasi, dan Kreativitas, Senin (24/2) lalu di Rektorat Sekaran Guungpati. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri MSi Akt.

Ketua Majelis Profesor UNNES Prof Dr Mungin Eddy Wibowo MPd Kons melaporkan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Majelis Profesor UNNES 2020 yakni Kegiatan Ilmiah yang dilaksanakan tiap bulan sekali, dengan tema Karakter, Inovasi dan Kreativitas.

Prof Dr Hardi Suyitno MPd sebagai nara sumber menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia khususnya akademisi perlu menerapkan budaya seperti orang jepang. Budaya tersebut yaitu bekerja keras, bertanggung jawab, nasionalis, ramah kepada semua, empati, membantu, dan mudah memaafkan.

Budaya ini patut ditiru karena akan memberikan dampak positif bagi kehidupan serta akan membangun habit atau kebiasaanya yang membangun bagi masyarakat.

Kemudian, Prof Dr Wasino MHum menekankan pentingnya penerapan ‘Kearifan Lokal Jawa’ diantaranya rukun, harmonis dengan alam, kepemimpinan yang baik, budaya sportif, kerja keras, dan demokrasi yang dapat membentuk nilai karakter atau habit membangun bagi masyarakat.

Sedangkan, Prof Dr Teguh Supriyanto MHum dalam pemaparannya menyampaikan perlunya meneladani nilai karakter dari Tripama, yaitu Suwanda, Kumbakarno, dan Karno.

Karakter Patih Suwanda yang patut diteladi diantaranya guna, kaya, dan purun. Kemudian menurut Kumbakarna yakni jujur, benar, dan nasionalis, sedangkan Prabu Karno yaitu loyal pada pimpinan, tanggungjawab, dan balas budi.

Secara keseluruhan dari ketiga materi yang telah disampaikan menekankan pentingnya menerapkan sikap kerja keras, tanggung jawab dan sebagainya yang dapat membangun karakter diri seseorang yang dapat berguna dalam kehidupan bermasyarakat.


DIUNGGAH : Sihono
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X