Seleksi Pilmapres FIS 2019, Ema dan Erina Siap Berkompetisi di Tingkat Universitas

Rabu, 27 Februari 2019 | 16:12 WIB


Seleksi Pilmapres FIS 2019, Ema dan Erina Siap Berkompetisi di Tingkat Universitas

Sukses dengan penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018, Fakultas Ilmu Sosial UNNES kembali menyelenggarakan Grand Final Pilmapres tahun 2019, Rabu (27/2) bertempat di Gedung Dekanat C7 lantai 3 FIS, Kampus Sekaran UNNES.

Setelah melalui tahap seleksi berkas, karya tulis ilmiah, dan focus group dIscussion (FGD), terpilih Nur Izzatul Hikmah (Ema) dan Erina Fionita Nurfajila sebagai Mahasiswa Berprestasi 1 dan 2 Fakultas Ilmu Sosial UNNES tahun 2019.

Keduanya mengungguli delapan finalis lain yang telah mengikuti proses pemilihan secara ketat. Kini Ema dan Erina mengemban tugas untuk mewakili Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dalam seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat universitas, Maret mendatang.

Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) FIS UNNES tahun ini melibatkan lebih dari 80 mahasiswa yang berasal dari empat jurusan dan satu program studi. Setelah melewati tahap penilaian berkas, karya tulis ilmiah, dan presentasi kemampuan berbahasa inggris terpilih sepuluh finalis terbaik. Kesepuluh finalis inilah yang akan mengikuti Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Fakultas Ilmu Sosial UNNES tahun 2019.

Gagasan dan Inovasi

Nur Izzatul Hikmah atau yang akrab disapa Ema kerap mempresentasikan hasil karyanya dalam berbagai kesempatan baik di tingkat nasional, regional maupun internasional. 

Pada ajang kompetisi ini, Ema mengajukan pemikirannya dalam bentuk karya ilmiah bertajuk pengurangan risiko bencana tsunami di wilayah pesisir.

Mahasiswa Jurusan Geografi tersebut menilai, perlu keseriusan berbagai pihak untuk menekan dan meminimalisasi risiko bencana semacam ini.

Dalam karya ilmiahnya, Ema menggambarkan bagaimana sebuah aplikasi terintegrasi mampu memberikan peringatan dini terhadap kemungkinan terjadinya tsunami.

Sementara itu, Erina mengajukan karya tulis mengenai aplikasi anti hoax sebagai upaya meminimalisasi persebaran berita bohong di masyarakat.

Dalam aplikasi yang bernama Pinteresia itu, Erina mendeskripsikan skema dan tata cara publik dapat berpartisipasi dalam upaya memerangi penyebaran hoax.

Turut hadir Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dr Moh. Solehatul Mustofa MA, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Arif Purnomo SPd SS MPd, dan pejabat dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial, serta Dewan Juri dari masing masing-masing jurusan dan program studi.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dr Moh. Solehatul Mustofa MA menyampaikan, pelaksanaan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pencapaian mahasiswa baik di bidang keilmiahan, penalaran, pengabdian, organisasi maupun lainnya. Melalui kompetisi ini, mahasiswa diharapkan termotivasi untuk terus berinovasi, berkarya dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

Ia berharap, dengan terpilihnya Ema dan Erina sebagai Mahasiswa Berprestasi 1 dan 2 Fakultas Ilmu Sosial UNNES tahun 2019 bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya. Selain itu, keduanya diharapkan bisa menampilkan performa terbaik saat mewakili fakultas ditingkat universitas nantinya.

Dwi Hermawan (Student Staf)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 975 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X