Sedulur Samin dan Kearifan Lokal

Universitas Negeri Semarang/Berita/Sedulur Samin dan Kearifan Lokal

Samin berasal dari kata sami, yang berarti sama. Maksudnya, tiap-tiap makhluk hidup tak berbeda satu dengan lainnya. Semua punya kewajiban untuk saling menghargai.

“Selama ini orang Samin dianggap bodoh. Itu karena kebiasaan pendahulu kami, yang semenjak 1914 tak mau sekolah  dari orang Belanda yang kala itu menjajah bangsa ini,” kata salah seorang tokoh adat Samin Blora, Jawa Tengah, Winarno, saat menjadi pembicara dalam Sarasehan Selasa Legen, Senin (16/4) di auditorium kampus Sekaran.

“Bahkan hingga sekarang pun kami masih melakukan hal itu. Sedulur Samin tidak bersentuhan dengan teknologi dan modernisasi karena semua itu produk barat yang tidak disukai leluhur kami,” tandasnya dalam bahasa Jawa.

Sedangkan maksud dari sedulur sikep, dia mengatakan, sikep berarti nikah atau nggarwa; sigaraning nyawa. Sebagian hidup berada berada pada Yang Maha Kuasa. Manusia sebenarnya kasinungan roh-Nya, jika terbiasa berusaha untuk mewujudkan apa yang telah terucap maupun janji yang telah dilontarkan. “Samin bukanlah aliran kepercayaan, dan tidak mengenal wayuh, tidak menyekutukan Sang Pencipta,” katanya dihadapan puluhan dosen, karyawan, mahasiswa Unnes, dan pemerhati budaya.

Winarno juga berpesan, dalam menjalani hidup, manusia haruslah saling menghargai dan menyayangi sesama ciptaan Tuhan. “Donya dumunung ing rasa, sing ketok amung titipan. Kadunungan gesang nanging ora rumangsa duwe iku luwih becik, tinimbang rumangsa gesang nanging kabeh didhaku duweke (dunia adanya di dalam rasa, yang terlihat hanyalah titipan. Diberi penghidupan tapi tidak merasa mempunyai itu lebih baik, daripada merasa hidup tapi merasa memiliki semuanya),” katanya.

Lewat tengah malam, dia bersama rombongan sedulur sikep pulang ke desanya di Kelapa Dhuwur, Blora. Meninggalkan harapan untuk universitas konservasi, supaya tak melupakan kearifan lokal yang -sepertinya- kini makin terpinggirkan.

Related Posts

7 Responses
  1. Orang Blora

    Setelah mengerti dan mengenal orang samin, jangan ada lagi anggapan orang samin itu “bodo”, kalimat ini membuktikannya:
    “Donya dumunung ing rasa, sing ketok amung titipan. Kadunungan gesang nanging ora rumangsa duwe iku luwih becik, tinimbang rumangsa gesang nanging kabeh didhaku duweke.”

  2. Cah Mblora

    Sayang wong mblora yang di unnes pada selasa legen kemarin sedang padho mudik dalam pengawasan Un sehingga tidak dapat bergabung dalam saresahan.

  3. Nampaknya UNNES saat ini mulai meningkatkan perannya dalam mengangkat kembali kearifan budaya lokal 🙂
    Saya sangat bangga

    Memang benar, kearifan lokal saat ini seolah mulai sedikit terpinggirkan oleh jaman. Namun, jika kita paham, sebenarnya kearifan lokal itu telah menembus jaman

    Nilainya yang sangat tinggi, sehingga tak banyak orang yang mau dan mampu untuk menggalinya.

    Dan, jangan pernah melupakan leluhur, jangan sampai kita durhaka terhadap leluhur

    “Aku ada karena kau ada”
    Adanya kita di dunia ini karena adanya leluhur, jika tidak ada leluhur kita tidak akan pernah ada.
    “Asal usul” ingat kembali darimana kita berasal

    Salam karaharjan. Salam konservasi

  4. Cungkring

    saya inget falsafah yang dijalankan oleh para sedulur sikep :
    1. ‘Agama iku gaman adam pangucape, man gaman lanang’,
    2. ‘Aja drengki srei, tukar padu, dahpen kemeren, Aja kutil jumput, bedhog colong’ maksudnya “jangan bertengkar, berselisih paham, irihati, jangan mencuri, mengambil milik orang lain tanpa ijin “.
    3. ‘Wong urip kudu ngerti uripe, urip pisan nggo salawase’ maksudnya “orang hidup harus tahu kehidupannya, karena hidup (roh, jiwa) hanya sebuah akan abadi “.
    4. ‘Sabar lan trokal empun ngantos drengki srei empun ngantos riya sapada empun nganti pinek kutil jumput bedhog colong, nopo malih bedhog colong, nemu barang teng ndalan mawon kulo simpangi’, maksudnya “berbuatlah sabar dan trokal, menghormati sesama, jangan mencuri, mengambil tanpa ijin empunya, menemukan barang dijalan saja harus dihindari”.
    5. ‘Wong enom sing mati uripe titip sing urip .Bayi udo nagis nger niku sukma kepanggih raga .Mulane wong niku mboten mati. Nek ninggal sandhangan niku nggih. Kedah sabar lan trokal sing diarah turun temurun. Dadi ora mati ning kumpul sing urip. Apik wong selawase sepisan dadi wong sak lawsase’, maksudnya“ bila ada anak muda yang meninggal maka “kehidupannya” (sukma, jiwa) dititipkan sukma (jiwa) yang hidup. Bayi lahir telanjang akan menangis”nger” pertanda jiwa/sukma ketemu raga. Meninggal istilah masyarakat Samin salin sandangan/ganti pakaian/raga. Manusia hidup harus mengejar kesabaran dan trokal terus menerus, walau berkali-kali ganti pakaian. Berbuat baik dan sabar terus menerus sukma dan roh itu tidak akan mati, akan selalu berkumpul dengan roh/sukma yang masih hidup. Sekali berbuat baik maka akan selamanya menjadi orang baik”.
    ini perlu dipahami sama para petinggi negara, biar bisa belajar dari masayarakat samin……….

  5. Saya sangat responsif sekali. Menurut hasil Riset saya tentang Kearifan Lokal Sedulur Sikep Terhadap Lingkungan Hidup, Ternyata amazing banget, Patut kita contoh. Konservatif, dan respon terhadap lingkungan sangatlah erat sekali.

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.