Rektor UNNES Sampaikan Dukungan dalam Upaya Transformasi Olahraga Nasional

Selasa, 8 Juni 2021 | 20:57 WIB


Rektor UNNES Sampaikan Dukungan dalam Upaya Transformasi Olahraga Nasional

Dalam kesempatan membuka kegiatan studium general yang diselenggarakan oleh Fakutas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang bertajuk Pengembangan Ekonomi Digital Pada Sektor Industri Olahraga, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyatakan UNNES siap ikut berperan aktif dalam transformasi olahraga nasional dan mendukung prestasi olahraga di masa pandemi,Selasa (8/6).

“UNNES sebagai kampus bereputasi senantiasa membangun budaya tradisi prestasi dalam segala bidang pengetahuan maupun keterampilan termasuk dalam bidang olahraga. UNNES siap berkontribusi dalam transformasi olahraga dan ikut berkontribusi mencetak bintang-bintang olahraga di masa pandemi.” Ujar Rektor UNNES.

Selain itu , dalam seminar yang menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Dr (HC) Ir Airlangga Hartarto MBA MMT IPU sebagai pembicara itu, Prof Fathur juga menyebutkan prestasi-prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa UNNES dan rektor UNNES tersebut juga menjelaskan inovasi UNNES di bidang olahraga.

“UNNES telah mencetak banyak prestasi baik di kancah nasional maupun internasional. Saat ini, UNNES juga telah berhasil menciptakan inovasi digital yang dapat membantu di bidang olahraga yaitu sebuah aplikasi android Sprint A: Sprint Performance Analyzer Based on Accelerometer Data dan Aplikasi manajemen pertandingan Petanque”tuturnya.

Selain mengembangkan beberapa inovasi aplikasi digital, Prof Fathur juga menyampaikan dukungan lain UNNES dalam keikutsertaannya mempersiapkan bintang-bintang olahraga yaitu dengan menyelanggarakan Pekan Prestasi Mahasiswa Nasional (PANTASI) tahun 2021 yang diadakan secara virtual.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan transformasi digital industri olahraga dan peningkatan prestasi olahraga profesional harus tetap beriringan di masa pandemi COVID-19.

“Digitalisasi juga perlu diiringi dengan peningkatan prestasi olahraga profesional. Pandemi ini diharapkan tidak menjadi penghalang untuk menurunkan intensitas latihan dan untuk tetap berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” kata Menko Airlangga.

Airlangga menyampaikan bahwa pengembangan ekonomi digital pada sektor industri olahraga nasional tentunya tak terlepas dari prestasi olahraga dan pencapaian atlet Indonesia sehingga diharapkan kecintaan terhadap atlet dan tim nasional bisa terus terbangun.

“Diperlukan kolaborasi lintas stakeholders termasuk perguruan tinggi seperti UNNES yang telah menyumbangkan atlet atlet terbaik dan komitmen bersama untuk mewujudkan ekosistem ekonomi digital yang kondusif serta karir olahraga yang berprestasi sebagai enabler bagi pemulihan ekonomi nasional sekaligus mengharumkan nama bangsa,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X