Rektor UNNES, Peringatan Nuzulul Quran Momentum Untuk Kembali pada Alquran

Sabtu, 9 Mei 2020 | 21:55 WIB


Rektor UNNES, Peringatan  Nuzulul Quran Momentum Untuk Kembali pada Alquran

Badan Amalan Islam (BAI) bersama Ta’mir Masjid Ulul Albab Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan peringatan Nuzulul Quran secara Daring, Sabtu, 9 Mei 2020.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman dalam sambutannya  mengajak semua yang hadir secara Daring agar menjadikan momentum peringatan Nuzulul Quran  untuk kembali kepada Alquran. Senantiasa membaca teks dan konteks, selaras dengan ajaran Alquran.

“Alhamdulillah kita mendapat anugerah dari Allah, dapat menjalankan ibadah di bulan Ramadahn. Kita mendapat berkah, mahfiroh, ampunan dari Allah. Warga UNNES memiliki kesadaran dan literasi menjadi satu majelis kebaikan. Dibulan suci turun kitab suci, yang menembus batas ruang dan waktu, lengkap sebagai pedoman hidup umat manusia. Kita tingkatkan membaca Alquran untuk meningkatkan ilmu karena seluruh yang terhampar di bumi ini merupakan tanda-tanda kebesaran Allah. Kita jadikan kegiatan ini untuk merekat semangat kembali ke Alquran,” kata Prof Fathur Rokhman.

Lebih Lanjut Rektor UNNES menyampaikan pada era industry 4.0 berakibat perkembangan teknologi menjauhkan manusia dari nilai kemanusiaan. Untuk itu diperlukan kesadaran untuk meningkatkan literasi kemanusiaan.

“Perkembangan  teknologi, informasi yang disruptif,  dan perubahan yang begitu cepat yang bagaikan ledakan-ledakan dahsyat  jangan membuat kita  meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan,” ajak Prof Fathur Rokhman.

Dekan Fakultas Teknik Dr Nur Qudus MT sebagai penceramah menyampaikan materi Hikmah Nuzulul Quran dan Aktifitas Ibadah Ramadhan di masa Pandemi.

“Ada keriduan untuk silaturahmi dan salat tarawih bersama, tadarus dan kajian langsung bersama, tapi demi untuk kemaslahatan, kebaikan kita bersama, kita tunda rasa rindu itu, dan tentunya selalu berdoa semoga Allah SWT segera mengangkat wabah covid-19 ini, sehingga kita dapat beribadah melewati hari-hari ini dengan penuh kebersamaan. Kita tidak perlu menyesali dan memarahi keadaan, karena Allah SWT akan selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya, pasti ada kebaikan dari semua keadaan ini,” kata Dr Nur Qudus

Lebih lanjut Dr Nur Qudus menekankan pentingnya selalu bersama dan berpedoman pada Alquran di masa pandemi covid-19.

“Yang menjadi pesan Nuzulul Quran, maka marilah kita perbanyak membaca Al-Quran, mempelajari dan memahaminya (tadabur), sehingga akan senantiasa terhubung dengan Allah SWT. Dengan demikian, akan mampu memberikan spirit, inspirasi, dan motivasi dalam kehidupan. Di sinilah Al-Quran dikatakan sebagai mukjizat dan rahmat bagi manusia dan alam. Khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini semoga dengan selalu berdoa memohon pertolongan Allah SWT wabah virus yang menyerang umat manusia saat ini, segera diangkat Allah SWT,” jelas Dr Nur Qudus.

Ketua Badan Amalan Islam UNNES Drs Anwar Haryono MPd atas nama BAI dan Ta’mir Masjid Ulul Albab UNNES menyampaikan terima kasih kepada Rektor, WR, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ka Lembaga, Para Profesor, Dosen, Tendik, Mahasiswa, Alumni, Mitra UNNES dan Masyarakat yang telah hadir dalam peringatan Nuzulul Quran secara Daring. Jazakumulloh khoiron katsir,” Ujar Drs Anwar Haryono.


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X