Rektor UNNES Ajak Gunakan Hak Pilih Secara Benar

Rabu, 17 April 2019 | 8:03 WIB


Rektor UNNES Ajak Gunakan Hak Pilih Secara Benar

Menggunakan hak pilih merupakan perwujudan dari pelaksanaan kedaulatan rakyat dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan.  Hak pilih merupakan  pengakuan kepada rakyat untuk berperan aktif dalam menentukan wujud penyelenggaraan pemerintahan. Penggunaan Hak pilih merupakan sarana mewujudkan kedaulatan rakyat untuk menentukan pilihan sesuai hati nurani. Hal tersebut disampaikan Rektor UNNES Prof  Dr Fathur Rokhman di Kampus Sekaran Gunung Pati,  Rabu (17/1).

Prof Fathur Rokman menyampaikan, penggunaan hak dalam pemilihan umum selain sebagai  kongritisasi dari kedaulatan rakyat (langsung, umum, bebas, dan rahasia),  juga upaya  perwujudan  pemerintahan yang demokratis, jujur, dan adil.

“Pemilihan umum merupakan cerminan daripada demokrasi. Penggunaan hak pilih menjadi sarana penyaluran hak asasi warga negara yang sangat prinsipil. Oleh karena itu, dalam rangka pelaksanaan hak-hak asasi warga negara saya menghimbau kepada  dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa untuk menggunakan hak pilih secara benar pada pemilu yang berlangsung hari ini, 17 April 2019. Civitas akademika UNNES  jangan Golput,  datang ke Tempat Pemungutan Suara pilih sesuai hati nurani masing masing,” ajak Prof Fathur Rokhman.

Lebih lanjut Prof Fathur Rokhman menyampainkan, Setiap warga Negara berhak  sesuai keyakinan politiknya. Pasal 43 ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 menyatakan “Setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”  Ketentuan pasal tersebut menunjukkan adanya jaminan yuridis yang melekat bagi setiap warga Negara Indonesia untuk melaksanakan hak memilihnya.

Menggunakan hak pilih adalah bagian dari nilai konservasi dan bela negara. Jangan Golput. Ayo gunakan hak pilih Anda secara benar!


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin Dibaca : 251 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X