Refleksi Akhir Tahun 2018, Dua Dalang UNNES Akan Babar “Sastra Jendra”

Selasa, 18 Desember 2018 | 10:10 WIB


Refleksi Akhir Tahun 2018, Dua Dalang UNNES Akan Babar “Sastra Jendra”

Universitas Negeri Semarang akan menggelar Refleksi Akhir Tahun 2018 melalui Pergelaran Wayang Kulit, di Kampung Budaya, Kamis (20/12/2018), pukul 08.00 pagi. Pergelaran akan menyuguhkan lakon Sastra Jendra.

Lakon akan dibawakan oleh dosen yang juga Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES, Ki Widodo MPd dan mahasiswa Prodi Sastra Jawa, Ki Sindu Linguistika Manumanasa. Refleksi akhir tahun melalui pergelaran wayang kulit merupakan agenda rutin kampus dengan visi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional ini.

Adapun karawitan yang mengiringi pergelaran wayang akan disuguhkan oleh Sekar Domas, seni karawitan dosen, karyawan, dan mahasiswa UNNES. Tampil sebagai sinden adalah mahasiswa dan alumnus. Pergelaran terbuka untuk umum.

Lakon Sastra Jendra mengamanatkan bahwa manusia mesti memiliki ilmu dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa untuk menuju keselamatan dan kebaikan. Intisari dari Sastra Jendra adalah pungkas-pungkasaning kawruh. Artinya, ujung dari segala ilmu pengetahuan atau tingkat setinggi-tingginya ilmu yang dapat dicapai oleh manusia. Sebab, ilmu yang diperoleh dari makrifat ini dipandang lebih tinggi mutunya dari pada ilmu pengetahuan yang dapat dicapai dengan akal.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 539 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X