Publikasi di Jurnal Jadi Syarat Lulus S1, S2, dan S3

Universitas Negeri Semarang/Berita/Publikasi di Jurnal Jadi Syarat Lulus S1, S2, dan S3

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat edaran bernomor 152/E/T/2012 terkait publikasi karya ilmiah. Surat tertanggal 27 Januari 2012 ini ditujukan kepada Rektor/Ketua/Direktur PTN dan PTS seluruh Indonesia. Seperti dimuat dalam laman www.dikti.go.id, surat yang ditandatangani Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso itu memuat tiga poin yang menjadi syarat lulus bagi mahasiswa program S-1, S-2, dan S-3 untuk memublikasikan karya ilmiahnya.

Disebutkan bahwa saat ini jumlah karya ilmiah perguruan tinggi di Indonesia masih sangat rendah. Bahkan, hanya sepertujuh dari jumlah karya ilmiah perguruan tinggi di Malaysia. Oleh karena itu, ketentuan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah karya ilmiah di Indonesia. Apa saja bunyi ketentuan itu?

1. Untuk lulus program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah.

2. Untuk lulus program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah nasional, diutamakan yang terakreditasi Dikti.

3. Untuk lulus program Doktor harus telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada jurnal internasional.

Ketentuan ini berlaku mulai kelulusan setelah Agustus 2012. Kompas.com menghubungi Dirjen Dikti Djoko Santoso dan berjanji akan memberikan penjelasan lebih jauh mengenai ketentuan ini pada hari ini, Jumat (3/2/2012).

Beberapa waktu lalu terungkap bahwa jurnal perguruan-perguruan tinggi Indonesia yang terindeks dalam basis data jurnal dan prosiding penelitian internasional, seperti Scopus dan Google Scholar, masih sangat rendah.

Sumber: kompas.com

Related Posts

27 Responses
  1. sigit priatmoko

    Baik sih, tapi perlu mekanisme yang jelas agar tidak menghambat kelulusan mahasiswa S1. Nantinya merupakan syarat kelulusan S1 ataukah tidak, Jangan sampai tidak lulus-lulus karena tidak bisa masuk ke jurnal ilmiah. Kalaupun jurnal di Jurusan tersedia, tetapi kalau produktivitas lulusannya sekitar 100 mhs per tahun sementara jurnal Jurusan terbit setahun 2x dan tiap terbit hanya menampung 15 artikel, maka akan menyulitkan mahasiswa. Tapi kebijakan ini memang harusnya didukung semua pihak. Untuk S2 dan S3 maju terus……

  2. Azil Maskur

    Keputusan yang tepat, hanya saja kedepan masing-masing perguruan tinggi perlu memikirkan langkah yang jitu untuk menghindari maraknya Plagiarisme (makelar jurnal dan makalah) sehingga kebijakan ini dapat berjalan sesuai rencana, tidak malah menjadi lahan baru bagi para plagiator2. Siippppp.

  3. tsabit azinar

    sederhana saja, tiap prodi buatlah jurnal ilmiah. penerbitan di jurnal bisa diatur oleh redaksi. berapa kali terbit selama satu nomor bisa disesuaikan dengan kebutuhan. kita bisa membuat jurnal terbit 4X setahun untuk tiap-tiap prodi, jika prodi memiliki banyak mahasiswa. apabila satu program studi masih memiliki beberapa subspesialis, maka bisa dimungkinkan satu prodi membuat dua jurnal sekaligus. kapasitas artikel dari masing-masing jurnal juga bisa disesuaikan. yang perlu diperhatikan adalah mekanisme dan manajerial jurnal itu sendiri. saya yakin semuanya mampu. pertanyaannya, maukah kita?!

  4. Purwanto

    Siap-siap berjubel mahasiswa S2 yang jadi mahasiswa abadi……………. demi mutu ….. kalo dah lulus??? Mutu semakin bagus, …..Jaminan kerja …… belon temtu …..! …

  5. Eko Suptaptono

    Okey, perlu disikapi dengan baik. Mahasiswa perlu difasilitasi agar bisa berjalan smooth, jangan sampai menimbulkan botle next bagi kelulusannya. Kuantitas dan kualitas serta frekwensi penerbitan perlu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Oke, selamat berjuang.

  6. Aris Hidayat

    Setuju, namun perlu diatur mekanismenya secara jelas, agar tidak menimbulkan masalah baru dan tidak menyulitkan mahasiswa, baik S1, S2, maupun S3. Perguruan tinggi perlu menyediakan fasilitas jurnal, khususnya Jurnal Internasional, agar dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa secara baik.

  7. Tika Resti Pratiwi

    Keputusan dan tujuan tersebut sangatlah bagus,tapi akan lebih bagus lagi jika seluruh pihak terkait sudah siap , mulai dari sosialisasi pada mahasiswa dan bahkan calon mahasiswa sehingga mereka memang sudah siap ,
    jadi ketika mereka kuliah bukan hanya Skripsi saja yang dipikirkan (khusus S1)
    diamping itum
    tidak menimbulkan unsur pemaksaan, diharapkan pula ada pelatihan atau fasilitas dari Universitas sendiri termasuk staff pembimbing juga.
    jika untuk S2 dan S3 saya rasa memang mereka sudah berkompenten
    terima kasih

  8. John

    kasian mahasiswa yang tidak pandai menulis. Pernahkah ada yang meneliti “kenapa mahasiswa lulus tidak tepat waktu?”, bukan karena mereka bodoh atau tidak berkualitas, beberapa dari mereka malahan adalah orang2 cerdas yang kompetensinya diatas rata2 meraka yg lulus tepat waktu. Mereka yang punya imaginasi dan ide2 kreatif terkadang terbentur pada sistem & birokrasi penulisan skripsi, hingga akhirnya mereka mengubur inovasi2nya, dan kemudian pasrah “manut pembimbing aja lah daripada ga lulus2”

    Semoga dengan kebijakan ini tidak ada yang dirugikan.

  9. wahyudi

    Setuju sekali Bapak! Jangan takut! Kapan kita diperhitungkan di kancah publikasi nasional apalagi internasioanl? Soyez courageux les etudiants indonesiens!!!

  10. irman

    Ide bagus memang, yg pnting ada praturan yg jls dan dbrlakukn utk smua mhsswa. Ini slh 1 cara mningktkan mutu para sarjana kita, krn msh bnyk PT n Univ yg mmbuka cabang d plosok2 yg hanya utk meraup uang dan tdk mmikirkan kualitas lulusannya.

  11. mrondhi

    …menulis di jurnal? ide bagus! tetapi kalau harus sebagai prasyarat kelulusan …itu terlalu dan tidak realistis. Yang penting sebenarnya adalah tingkatkan kegemaran membaca, baru menulis. membaca saja malas bagaimana bisa menulis! negeri ini memang aneh!!!

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.