PTN dan LLDIKTI Wilayah Jateng Sampaikan Pesan Moral Untuk Indonesia

Selasa, 21 Mei 2019 | 5:41 WIB


PTN dan LLDIKTI Wilayah Jateng Sampaikan Pesan Moral Untuk Indonesia

Melihat perkembangan kondisi dinamika politik nasional yang yang kurang kondusif saat ini,  para Pimpinan Perguruan Tinggi dan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah terpanggil untuk menyampaikan pesan moral kepada segenap bangsa Indonesia. Pesan moral  dideklarasikan  bersama, di Gedung Prof Sudharto, Universitas Diponegoro (Undip), Kampus Tembalang, Senin (20/5)

Rektor UNNES, Prof Dr Fathur Rokhman mengajak  masyarakat  untuk menjaga ketentraman dan kedamaaian  dan tidak mudah terprovokasi setelah Pemilu 2019.

“Melalui pesan moral ini, diharapkan masyarakat tetap damai, selalu  memelihara persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, dan jangan mudah terprovokasi untuk bertindak melawan hukum,” kata Prof Fathur Rokhman.  

Isi pesan moral yang disampaikan oleh  80 pimpinan PTN dan PTS  di wilayah Jawa Tengah sebagai berikut:

1. Bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa besar yang berbudaya luhur, diantaranya prinsip “Ono rembug, ayo dirembug”, untuk itu segenap permasalahan apapun yang dihadapi sudah selayaknya diselesaikan dengan mengedepankan budaya luhur serta musyawarah mufakat.

2. Mengetuk hati nurani para patriot bangsa Indonesia baik yang sedang berjuang berkontestasi maupun yang bertugas menyelenggarakan tugas di medan demokrasi, untuk secara kesatria melaksanakan perannya dengan jujur, adil, berani dan peduli serta mengutamakan nasib rakyat Indonesia.

 3. Mendukung peran patriot NKRI baik yang berasal dari institusi, TNI, dan penegak hukum POLRI, Kejaksaan Agung RI, Mahkamah Agung RI, mahkamah Konstitusi RI untuk tetap bersikap netral dan tidak memihak pihak manapun yang sedang berkontestasi dalam pemilu.

 4. Mendorong penyelesaian yang segera, adil, dan konsisten serta tegas berdasarkan hukum yang berlaku terhadap setiap pelanggaran yang terbukti secara hukum yang dilakukan oleh pihak manapun.

5. Menghimbau segenap civitas akademika, warga Jawa Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk tetap menjaga kondusivitas, saling menghormati, saling tenggang rasa, menghindari tindakan provokatif demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

6. Mendorong kepada semua pihak untuk bersikap, berpikir, berucap, dan bertindak yang dilandasi nilai rahman dan rahim, mengedepankan sikap kasih sayang kepada sesama daripada sikap arogansi, sebagaimana nilai luhur masyarakat Jawa Tengah Suradira Jayaningrat Lebur dening Pangestuti.

Pesan moral yang sudah dipekikkan dan ditandatangani 80 pimpinan PTN dan PTS ini selanjutnya akan diserahkan ke Menristekdikti RI.


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin Dibaca : 269 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X