Protokoler Memegang Peranan Penting Suatu Acara

Jumat, 13 Desember 2019 | 14:07 WIB


Protokoler Memegang Peranan Penting Suatu Acara
SIHONO/HUMAS

Banyak kegagalan acara atau kegiatan disebabkan karena buruknya protokoler suatu acara atau kegiatan. Itulah sebabnya banyak lembaga pemerintah maupun swasta menyusun protokoler secara rapi dengan menempatkan seseorang atau beberapa orang (staf) yang diberi tugas khusus untuk mengerjakan kegiatan-kegiatan keprotokoleran.

Hijriyantomi Suyuthie SIP MM dari Universitas Negeri Padang (UNP) menyampaikan itu saat menjadi narasumber Workshop Peningkatan Kecakapan Staf dalam Hospitality Mendukung UNNES Bereputasi Internasional, Kamis, (12/12) di LP3 UNNES Sekaran Gunungpati.

Kegiatan berlangsung dua hari Kamis sampai Jumat (12-13) diikuti 60 peserta dari delapan fakultas, lembaga, pascasarjana, biro, dan unit-unit dilingkungan UNNES dengan materi Publik Speaking, Kepribadian Protokol, Tata Letak & Tata Upacara, MC, Tata Busana, Tata Rias, Menyusun Konsep, Penyelenggaraan, Problim Solving, dan Praktek.

Hadir narasumber lain juga dariUNP Siti Hajar Thaitami SST, dan Suci Annisa. Sedangkan dari UNNES Ratih Dwinie Palupi MSi dan Ratih Widyastuti SPsi

Hijriyantomi Suyuthie yang akrap disapa Pak Aan ini juga menegaskan, dalam memberikan pelayanan prima, protokoler haruslah mengenal siapa yang akan dilayaninya sehingga acara bisa berjalan dengan tertib, teratur, lancar, dan profesional.

Kunci keberhasilan itu tentunya harus ditunjang dengan alat komunikasi (HT) antar anggota. Selain itu, juga murah senyum, mempunyai pengetahuan dan pengalaman luas terutama dalam hubungan antar manusia, bermental kuat dan kepribadian tangguh, trampil dan cekatan menguasai situasi, mampu mengambil keputusan dengan cepat tetapi cermat, dan sangat peka terhadap permasalahan yang timbul.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat membuka kegiatan menyampaikan, peran protokoler ini sangat strategis karena tidak hanya memberikan pelayanan prima terhadap pegawai saja, tapi juga tamu.

Jika protokoler benar-benar memberikan pelayanan prima terhadap tamu atau pihak dari luar, maka persepsi positif pun akan diberikan pada UNNES secara keseluruhan. Ini tentu saja akan menunjang kesuksesan UNNES setiap menyelenggarakan suatu kegiatan berikutnya.


DIUNGGAH : Sihono
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: