Prof Rokhmin Dahuri Dorong UNNES Menjadi World-Class University  

Rabu, 2 Februari 2022 | 18:35 WIB


Prof Rokhmin Dahuri Dorong UNNES Menjadi World-Class University  

Prof Dr Rokhmin Dahuri MS Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University mendorong UNNES untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi a World-Class University untuk menghasilkan 3 output Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan SDM unggul, invensi dan inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat yang mensejahterakan rakyat serta turut membangun Dunia yang lebihsejahtera, adil, damai, dan berkelanjutan (sustainable).

“UNNES mendirikan sejumlah fakultas, jurusan, dan penguatan diantaranya Fakultas kelautan dengan jurusan teknik dan manajemen perkapalan, manajemen pelabuhan dan transportasi laut, coastal and ocean engineering, dan pariwisata bahari. Lalu Prodi Teknik Informasi mesti diperkuat dengan hal seperti digitalisasi, Internet of Things, hingga Metaverse untuk aplikasi. Bukan hanya pada sistem rantai pasok, tetapi pada sistem produksi dan industri manufacturing,” tegasnya.

Hal tersebut disampaikan Prof Dr Rokhmin di Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada kuliah umum dengan tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Ekonomi Hijau dan Digital Menuju Indonesia Emas 2045” yang diselenggarakan secara bauran daring dan luring terbatas, Rabu (2/2).

Prof Rokhmin menyebut secara ekonomi, Indonesia Emas 2045 akan terwujud jika menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi (rata-rata > 7% per tahun), berkualitas (menyerap banyak tenaga kerja), inklusif (mensejahterakan seluruh rakyat secara adil), ramah lingkungan, dan berkelanjutan (sustainable).

“Semua itu dapat diwujudkan melalui implementasi Ekonomi Hijau, Ekonomi Digital, dan Ekonomi Spiritual (Pancasila),”  jelasnya.

Prof Rokhmin menambahkan, Perguruan Tinggi memegang peran yang paling sentral dan strategis di dalam membangun SDM unggul dan kapasitas inovasi bangsa Indonesia.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X