Prodi Ilmu Politik UNNES Gelar Kuliah Umum Bersama Kepala P2P LIPI

Kamis, 26 April 2018 | 19:53 WIB


Prodi Ilmu Politik UNNES Gelar Kuliah Umum Bersama Kepala P2P LIPI

Program Studi Ilmu Politik UNNES menyelenggarakan kuliah tamu ProdIPol Public Lecture Series #3. Kuliah umum menghadirkan Kepala Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI sekaligus Ketua III PP AIPI Firman Noor PhD pada Kamis (26/4) bertempat di ruang Padepokan Karakter Gedung C4 Fakultas Ilmu Sosial.

Acara mengangkat tema “Politik: Kajian Ilmiah dan Praktik”. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Prodi Ilmu Politik UNNES dengan menghadirkan akademisi dan peneliti baik dari dalam dan luar negeri secara bergantian.

Dalam presentasinya Firman Noor tidak hanya fokus dalam pembahasan Ilmu Politik, melainkan juga bagaimana membangun semangat keilmuan mahasiswa dalam pengembangan akademik.

Menurutnya dunia pendidikan, khususnya ilmu politik merupakan sarana untuk penguatan rasa percaya diri, pembebasan dan perubahan.

Merujuk pada pemikir-pemikir filsafat dan politik di masa lalu, akademisi politik dan mahasiswa didorong untuk berpartisipasi lebih aktif dalam isu-isu terkini. Baik di level negara maupun masyarakat. Tujuan mahasiswa berada di kampus adalah untuk menjadi bijak dan berwawasan. Karena merekalah yang diharapkan akan menjadi pemimpin masa depan.

Menurutnya tradisi dalam ilmu politik tidak perlu didikotomi melalui “Kajian Ilmiah vs Praktik”. Yang penting adalah bagaimana perilaku kita dalam berpolitik sejalan dengan nilai-nilai ideal yang ada, tertib metodologi dan berbasis data. Sehingga tujuan kebaikan bersama dapat tercapai.

Pada kuliah tamu kali ini, Firman Noor juga membuka peluang kerja sama dengan Prodi Ilmu Politik UNNES dalam rangka pengembangan kualitas riset dan mutu karya akhir mahasiswa. P2P LIPI memberi kesempatan mahasiswa tingkat akhir untuk magang dan mendiskusikan riset yang sedang dijalankan bersama staff peneliti di P2P LIPI.

Dwi Hermawan (Students Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 641 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X