Prodi Gizi FIK UNNES Ikut Berpartisipasi dalam Rekor MURI Penyajian Serentak Menu Sehat Cegah Stunting

Monday, 28 November 2022 | 8:24 WIB


Prodi Gizi FIK UNNES Ikut Berpartisipasi dalam Rekor MURI Penyajian Serentak Menu Sehat Cegah Stunting

Program Studi Gizi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (FIK UNNES) ikut berpatisipasi dalam pemecahan Rektor MURI Penyajian Serentak Menu Sehat Cegah Stunting melalui GONG CETING.

Total Sajian Menu Sehat cegah stunting yang disajikan adalah 14.000 sajian dari 10 desa pada 14 Kabupaten.

Rekor ini diprakarsai oleh 15 Universitas termasuk UNNES yang dilaksanakan di 14 Kabupaten / Kota di Jawa Tengah. Selain itu, kegiatan ini melibatkan 800 mahasiswa dan 140 dosen dari 15 perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini sebanyak 99 Mahasiswa Prodi Gizi FIK UNNES berperan serta dalam pendampingan 10 desa di 4 Kecamatan Brebes.

Jumlah porsi yang disajikan oleh desa dampingan mahasiswa gizi sendiri sebanyak 100 porsi menu sehat.

Mahasiswa Gizi sendiri berperan dalam sosialisasi menu sehat yang terdiri dari karbohidrat, sayur dan lauk pauk.

Kegiatan yang dilaksanakan bersamaan dalam penarikan PKL mahasiswa Prodi Gizi yang telah melaksanakan PKL di 10 Desa di 4 Kecamatan Kab. Brebes.

Pemkab Brebes memberikan apresiasi yang luar biasa karena program PKL yang melibatkan program penurunan stunting di Kab. Brebes. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan harapan hidup pada warga.

Kab. Brebes sendiri talah membentuk TPPS ( Tim percepatan penurunan stunting ) tingkat kabupaten hingga desa. Dengan sinergi ini diharapkan lebih optimal dalam program penurunan stunting di tingkat desa. Diharapkan pula PKL yang telah dilaksanakan dapam mensuport TPPS di lapangan dan dapat berkeleanjutan sehingga target dapat tercapai.

PKL Prodi Gizi dilakukan selama 40 hari mengangkat program stunting untuk membantu program Pemerintah dalam penurunan stunting, saat ini secara nasional masih terdapat 20-24 % dan Kab Brebes endiri masih terdapat 26 % balita yang mengalami stunting.diharapkan program Pemerintah penurunan stunting dapat menurunkan stunting menjadi 14 % pada tahun 2024.

Program Gotong Royong Cegah stunting merupakan program yang melibatkan banyak instansi terkait seperti Pemerintah Kabupaten, BKKBN, dan pihak instutusi perguruan tinggi. Program PKL yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Gizi antara lain dengan pemberdayaan posyandu, pengembangan produk pangan local dan pendampingan dasawisma.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan sertifikat Duta Gong Ceting yang nantinya akan membantu dalam sosialisasi dan memberikan edukasi terkait program pencegahan stunting.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X