Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Rektor UNNES: Mari Rajut Kembali Persatuan Bangsa

Sabtu, 1 Juni 2019 | 10:58 WIB


Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Rektor UNNES: Mari Rajut Kembali Persatuan Bangsa

1 Juni 1945 menjadi momentum yang tak terlupakan bagi Bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebutlah, kali pertama Bung Karno memperkenalkan kata Pancasila. Sebuah fondasi dasar berdirinya rumah besar nan megah bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tak hanya sampai disitu, para “the founding fathers” pun berpikir keras, bagaimana cara agar rumah tersebut bisa menjadi hunian nyaman bagi para rakyat negerinya dan sanggup menaungi kodrat pluralistiknya.

Dengan memperingati Hari Lahirnya Pancasila, bangsa ini hendak mengenang kembali peristiwa yang dihasilkan melalui percakapan yang sedemikian mendalam dan demokratis dari para “the founding fathers” bangsa ini.

Upaya mengenang kembali dan merenungi nilai perjuangan tersebut menjadi bagian penting bagi rakyat Indonesia terutama para civitas academika.

Ialah Keluarga Besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memperingati Hari Lahir Pancasila melalui upacara bendera pada Sabtu (1/6).

Dalam kegiatan yang bertempat di lapangan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara ialah Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Ia mengucapkan selamat hari lahirnya Pancasila 1 Juni. Pada kesempatan ini Prof Fathur juga menyerukan semboyan “Saya Indonesia Saya Pancasila”.

Seruan ini, menurut Prof Fathur, sebagai komitmen bersama untuk melawan dan menolak paham dan gerakan yang melemahkan sendi-sendi nasionalisme.

Melalui momentum kelahiran Pancasila, Rektor mengajak peran aktif seluruh keluarga besar universitas berwawasan konservasi bereputasi internasional ini untuk kembali merajut persatuan bangsa, tetap menjaga perdamaian, persatuan, dan persaudaraan dengan saling menghargai, menghormati, dan gotong royong.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 408 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X