Sarjana Mendidik di Pelosok Dapat Honor Rp2 Juta per Bulan

Universitas Negeri Semarang/Berita/Sarjana Mendidik di Pelosok Dapat Honor Rp2 Juta per Bulan

Peserta Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T) akan memperoleh insentif dan biaya hidup setiap bulan Rp2 juta selama setahun. Mereka juga memperoleh biaya transpor keberangkatan dari lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) penyelenggara ke daerah sasaran dan kepulangan dari daerah saran ke LPTK penyelenggara (at cost).

Ketua Penyelenggara Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia dari Unnes Dr Hartono mengemukakan hal itu di sela-sela sosialisasi program tersebut, Selasa (18/10) malam, di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

“Lebih dari itu, setelah mengabdi mereka akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG),” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Unnes akan merekrut 300 sarjana pendidikan untuk mengabdi di berbagai pelosok Nusantara. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kuota secara nasional 3.500 sarjana.

Meski demikian, para peserta juga memiliki sejumlah kewajiban sebelum pelaksanaan, selama program berlangsung, hingga setelah pelaksanaan program. “Jika tidak memenuhi kewajiban, mereka akan diberi sanksi, mulai dari peringatan lisan hingga penghentian penugasan sebelum waktunya berakhir,” katanya.

Dikemukakan pula, persyaratan utama peserta adalah lulusan S1 kependidikan empat tahun terakhir (2008, 2009, 2010, 2011) dari program studi yang terakreditasi dan memiliki bidang keahlian sesuai dengan mata pelajaran yang dibutuhkan. Selain itu, ber-IPK minimal 2,75, berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter, bebas narkotik yang dibuktikan oleh pejabat berwenang, dan berkelakuan baik dengan surat keterangan polisi.

“Pendaftar juga harus belum menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti program ini, memiliki motivasi dan semangat pebdian tinggi, mampu beradaptasi, dan diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan/UKM,” katanya.

Selain di Unnes, calon peserta bisa mendaftarkan diri di Unimed, UNP, UNJ, UPI, UNY, Unesa, UM, Undiksa, UNM, Unima, dan UNG. “Pendaftar ke Unnes bisa lulusan dari perguruan tinggi mana pun, asalkan memenuhi ketentuan tersebut,” tandasnya.

Pendaftaran dibuka 20-29 Oktober 2011. “Lebih lengkap tentang teknis pendaftaran segera dapat diakses di laman ksg.dikti.go.id/majubersama atau lewat laman perguruan tinggi penyelenggara paling lambat saat pendaftaran mulai dibuka,” katanya menjawab sejumlah pertanyaan pembaca web ini.

Related Posts

133 Responses
  1. bowo

    Untuk NKRI, Nasionalisme Bangsa, ini sebuah terobosan yg sangat bagus…
    Semoga Indonesia bisa bangkit dan menjadi lebih baik….

    program ini dilaksanakan berapa tahun? 1th/ 2th/ 3th/ 4th/ 5th…
    adakah tindak lanjut program lanjutan???????

  2. pak yang diutamakan kok yang ikut organisasi………..loe menurut saya yang diutamakan yang berdedikasi tinggi pak wlo g aktif waktu jadi mahasiswa..semoga saya bisa masuk program ini.amin…………..

  3. david rahman

    sangat disayangkan saya tidak dapat ikut program ini, dikarenakan terhalang persyaratan belum menikah. semoga ke depan menjadi pertimbangan lagi mengenai syarat tersebut. terimakasih.

  4. elvira

    Trima kasih atas infonya^
    Syarat&ketentuannya lum jelas nie, gmn akses ld lnjutnya koq gak bisa liat pengumudetailnya yah (khusus ttg program ini),makasih^

  5. anita

    bila ada salah satu kriteriayang kurang memenuhi,misalkan angkatannya lebih dari 4 tahun tapi bersedia ditempatkan dimana saja bagaimana?

  6. Muhammad Gunarso

    setelah selesai & lulus dari PPG ,statusnya bagaimana pak?
    apakah menjadi guru honorer, guru bantu , PNS ato apa?
    kemudian kejelasan kerja selanjutnya bagaimana?
    akan di tempatkan di sekolah2 pelosok kembali ato bagaimana?
    Mohon info & kejelasan yang selengkap-lengkapnya
    Terima kasih

  7. Adisti Candra

    Pak…apakah p’syaratan yg ikut oragnisasi harus dbuktikan dgn daftar riwayat hidup atau CV??????ato bagaimana tlng djelaskan scara detail….terimakasih

  8. ahmad salafuddin

    kenapa yang di utamakan hanya yang pernah di UKM/ berorganisasi, kenapa yang tidak sudah pernah mengajar/ wiyata bakti saja pak. terima kasih.

  9. saptono putro

    jangan kalah dengan dokter-dokter yang mau melayani kesehatan masyarakat sampai kepelosok, para guru punya kewajiban untuk mencerdaskan bangsa Indonesia sampai ke pelosok bahlan pulau-pulau terlura supaya tidak di aku negara tetangga

  10. NIndya

    Pak, jurusan apa saja yang boleh mendaftar? Di laman ksg.dikti.go.id tidak dijelaskan jurusan apa saja yang dibutuhkan. Terimakasih..

  11. Gatot sukarno Putra

    AS WR.WB.Bagaimana dengan pengabdian yamg lama Bapak Sucipto apakah bisa diteruskan setelah menyelesaikan kontrak selama 1 tahun. Semoga syaratnya mempermudah orang yang mau mengabdi pada negara dan bangsa sesuai dengan kemampuan dan kemauan yang dimiliki.Saya Tungguh jawabannya terimakasih.

    1. Sucipto Hadi Purnomo

      Saudara Gatot dan pembaca lainnya, program ini memang berujung pada tiket Pendidikan Profesi Guru (PPG) sekaligus beasiswanya. Adapun lulusan PPG merupakan (calon) guru profesional. Perlu diketahui bahwa pada masa mendatang, mereka yang lulus PPG-lah yang akan mendapatkan prioritas dalam perekrutan guru PNS. Di samping itu, penyelenggara program ini hanya sebatas melakukan tindakan persuasif agar pemerintah kabupaten setempat mengangkat mereka yang menunjukkan kinerja baik saat setahun mengabdi menjadi guru PNS. Semoga keterangan ini bisa menjelaskan sejumlah pertanyaan teman-teman. Salam.

  12. bambang ispono

    jangan mengutamkan yang mantan orang organisasi, kebnyakan sana-sini gak tau maksutnya dan aturan, yang penting kemauan,kemampuan, dan kelakuan. tolong infonya yang lebih jelas.
    jangan pandang dari lulusan mana tapi pandang bisa gak dia menjadi guru yang dapat memintarkan anak. trims sebelumnya.

  13. Rany

    Mohon diperjelas lagi, jurusan apa saja yg dibutuhkan? Biasanya yg byk dbutuhkan/ditmpatkan di pelosok guru SD!
    Lalu p’syaratan dkirim via apa?

  14. Gatot Sukarno Putra

    As wr wb.Terimaksih Bapak Sucipto atas Jawabannya.Sekarang Saya mau daftar tapi webnya belum bisa untuk mendaftar.Sudah saya klik di tautan Tempat Pendaftaran di Salah satu tempat tapi belum Bisa untuk detik ini.

  15. rekno

    sampai sekarang xo belum ada tata cara daftar online…….?
    kemudian syarat2 yang diajukan tu setelah kita lolos seleksi atau ktika kita akan mendaftar ? mohon lebih diperjelas lagi……
    nuwun.

  16. tina

    pak sucipto, mohon sistem pendaftarannya lebih diperjelas… OL/ langsung k univ, jurusan apa yg dibutuhkan… apakah tidak ada toleransi buat yg udh nikah, yg gak aktif organisasi… tapi punya semangat tinggi untuk mencerdaskan bangsa? mohon ini dipertimbangkan…

  17. Ayudhia

    Ass. wr.wb
    bapak, mata pelajaran yang dibutuhkan apa saja? dan mengenai untuk pendaftaran hari ini tautannya belum bisa dibukan. terima kasih.

  18. akalily

    pak, ini pendaftarannya sudah dibuka apa belum, saya buka website unnes tp tidak ada kolom pendaftaran… apa onlinenya lgsg kekampus unnes? atau memang belum dibuka….
    terimakasih

  19. pak sucipto……….fee 2jt itu dah dapat biaya hidup buat makan apa belum.kalau belum ya 2jt apa cukup buat biaya hidup dinegeri orang.mohon diperjelas lagi infonya.soalnya ini sudah tgl 20

  20. emma

    maav pak sblmnya mau tnya pndftrn d unnes gmn ya?ku mlh bisanya buka pndftrn yg di UM(universitas ngri malang)…
    kok yang d UM pnjelasannya gag ada sulawesi utara mlh adanya maluku utara

  21. ani kurniasari-cirebon

    sebelumnya mohon maaf pak, kenapa tautan untuk pendaftarannya tidak bisa di buka???? syarat pendaftaran seperti keterangan dari kepolisian, dll dikirimkan melalui online atau langsung ke unnes? mohon untuk diperjelas tentang syarat dan ketentuan pendaftarannya. terima kasih…..

  22. fitriyatul marzukah

    assalamu’alaikum pak…. dlm masing-masing tempat di kelompokkan beberapa orang apa satu satu pak?trus masalah tempat tinggal apakah kita mencari sendiri atau ada asrama?mohon penjelasannya,terimakasih pak…

  23. izza

    saya berharap sekali program ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. mohon informasinya di perjelas lagi mengenai pendaftarnnya. hanya lewat online apa langsung ke campus unnes? saya berminat sekali untuk mengikutinya karena ini sesuai cita2 saya sejak saya masih semester 3 untuk mengabdikan jiwa raga meski harus ke pelosok daerah.

  24. tuti alawiyah

    Bagaimana tentang biaya PPG selama satu tahun, apakah biaya dari pribadi atau akan dapat beasiswa? kalau ada beasiswa saya akan langsung mendaftar, kalau biaya pribadi saya masih pikir-pikir.

  25. muth

    so….gmn cara pendaftarannya??? kawan.. ada kah yang uda mendaftar? ato yang uda dateng langsung ke UNNES??
    mohon infox segera.. thanks

  26. Shinta ASyanti

    PAk atau teman2 semua mau tanya..jika bukan dari S1 kependidikan NAMUN S1 T.informatika di Swasta BAGAIMANA bisa daftar tidak ????? MOHON DI BLSSSS

  27. Bapak Sucipto Hadi Purnomo terhormat
    saya mau menanyakan mengenai persyaratan pendaftaran :
    1. Surat Keterangan Berkelaukuan Baik dan bebas narkotika itu didapat dari pihak yang berwenang? apakah cukup polsek atau polres ya pak?
    2. Belum menikah atau tidak akan menikah selama ditugaskan, nah apakah kita perlu membuat surat keterangan belum menikah itu pak? kalau ya, lewatnya dari kelurahan setempat kemudian disahkan oleh kepala desa atau dari KUA setempat pak?
    3. apakah pendaftaran ini yang berada di UNNES hanya untuk pendaftar dari wilayah jawa tengah saja atau boleh mendaftar di Univ. yang lain?
    4. Pendaftaran dibuka mulai kapan pak?
    mohon maaf sebelum dan sesudahnya, dan diucapkan banyak terimakasih untuk bantunnya.

  28. kurniawan

    assalamu’alaikum..
    pak saya berniat ikut…untuk d luar lulusan unnes boleh ikut ndak?? trus tmpat pndaftarannya d unnes apa online??
    terima kasih sebelumnya..
    wasallamu’alaikum..

  29. ela

    apakah yang boleh mengikuti program ini hanya terbatas mulai angkatan 2008 saja? sangat disayangkan saya tidak dapat ikut program ini, dikarenakan terhalang persyaratan tersebut. semoga ke depan menjadi pertimbangan lagi mengenai syarat tersebut. terimakasih.

  30. Sandra Noryz

    Online belum bisa mendaftar…Bagian pendidikan dan evaluasi UNNES juga belum bisa memberi informasi lebih detail mengenai prosedur pendaftaran. Alasannya karena belum semua link terhubung dengan semua LPTK…mungkin UNNES salah satunya.

  31. hardianto

    Bapak pengambil kebijakan tolong pertimbangkan lagi syarat blm menikah…banyak yang telah minikah tapi sangat siap untuk ditugaskan di daerah terdepan…termasuk saya….terimakasih

  32. catur sari dewi

    yang sudah membuka pendaftaran online di UM (malang) kalau ikut disana jauh.., mending ikut di semarang aja.., ayo UNNES segera buka pendataran onlinenya.., terima kasih

  33. Bapak Ibu LPTK Unnes,mohon info yang lebih jelas, untuk status guru yang direkrut itu sebagai guru apa?apa selain honor dari pusat (seterusnya atau bagaimana?)apa juga Tunjangan Sertifikasi PPG, jadi mendapatkan penghasilan 2 x atau bagaimana?Terima kasih…mohon dijelaskan!

  34. Muhandis Faruq

    Saya sudah 4 bulan menikah, tapi berminat untuk ikut, bagaimana pak?? Apa tetap tidak boleh?Setelah 1tahun Mengikuti PPG bagaimana dengan nasib kami berikutnya pak?

  35. Muhan

    Mohon ada perubahan kebijakan, diperbolehkan ikut bagi yang sudah menikah asalkan benar-benar sanggup…saya sanggup pak…,Oya setelah besok ikut PPG lantas bagaimana nasib kami berikutnya pak?mksh…

  36. Arif

    Pak, saya berminat sekali dalam program ini , tapi besok tgl 29 oktober 2011 baru akan diwisuda dan sekarang belum mendapatkan ijazah s1. yang mau saya tanyakan , bisakah saya ikut mendaftar sedangkan ijazah belum ditangan,?klo bisa apa dan gimana caranya?makasih,,,…

  37. tatta

    kalau wisudanya masih bulan desember gimana? kan masih lulusan th 2011,.. sudah sidang skripsi, sudah yudisium, sudah lulus, coumloude, tapi cuma tinggal nunggu wisuada saja!
    jika tidak bisa,.. sungguh disayangkan,… :'(

  38. Nasrudin Yazid

    Kenapa yang udah nikah nda boleh kita sama-sama warga indonesia yang kepingin mencerdaskan bangsa. mohon kalau bikin program jangan membatasi diri.

  39. rianta

    Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia pastinya bukan AKMIL karena mencerdaskan pasti menggunakan OTAK DAN KOMPETENSI, knp harus ada syarat HARUS BELUM MENIKAH? bukankah Yang sudah menikah malah mempunyai tanggung jawab yang tinggi, mampu beradaptasi dan siap berkompetisi?? Bp. Sucipto Hadi Purnomo sudah menikah dan bisa membandingkan lebih bertanggungjawab mana anda pada waktu belum menikah dan setelah menikah, mohon di kaji kembali. terimaksih..

  40. sarjana muda sibuk mencari kerja

    yang udah menikah gak boleh ikut? Owalah pak, mau bikin program kok syaratna diskriminasi sekali. Kok tidak sekalian syaratnya yg belum pernah KAWIN???

  41. saya sangat tertarik dengan info ini, semoga saya bisa ter-rekrut jg,, amien, oia pak, bagaimana pembuktian bahwa seseorang itu aktif dalam organisasi, apakah dengan melampirkan sertifikat ato lampitan lain? terimakasih , mohon penjelasannya

  42. yoyo

    untuk biaya hidup disana siapa yang nanggung pak…kalau gaji perbulan 2 jt itu cukup buat makan saja…apalagi diluar jawa semuanya mahal beda dengan dijawa mohon untuk dipertimbangkan….

  43. Riz

    rekan2 semua mbok yo pd bersabar.. jgn pngen’y sgla hrus cpet dan instan, klo penasaran dtg aja ke unnes, temui pk.cipto… (heheh) mengenai beberapa ‘requirement’ itu emang bgtu, psti dbuat aturan seperti itu sdh sgt dipertimbangkan, bukn krna diskriminasi atau gmna… ikuti aturan main adlh awal dari fairplay

  44. Devitta

    Pak,,,apakah sesampai di tempat tujuan kita sudah disediakan tempat tinggal atau bagaimana rinciannya…pengen ke ikut berp[artisipasi tapi kok ea dr pihak ortu agak berat hati menyetujui

  45. gatot sukarno putra

    As.wr. wb.Apabila kelak dalam pendaftaran online yang mengakses banyak sehingga terjadi error aksesnya dan sangat sulit untuk pendaftaran onlinenya karena yang membuka beribu-ribu orang Apakah boleh langsung mendaftar keseketariat pendafataran Di salah satu Tempat LPTK?.Saya Tunggu jawaban dari Bapak Sucipto.?

  46. dodo

    mohon pertimbanganya pada syarat belum menikah, karna bagi teman teman yang sudah menikah juga berhak mendapat pekerjaan da kesempatan mengabdi dan mencerdaskan bangsa

  47. aik irma

    saya bukan sarjana pendidikan tapi saya sudah mengabdi di dunia pendidikan selama 3 tahun dan bidang saya adalah sains,apakah bisa ikut daftar?

  48. JAWARA

    PEMERINTAH HANYA PANDAI MEMBUAT RENCANA DAN PROGRAM !!! SUKA LATAH/ IKUT2AN ..!! ITU KARENA SEKARANG LAGI IRI DENGAN KEMAJUAN PENDIDIKAN MALAYSIA!!! HANGAT2 TAHI AYAM !!! KASIHAN JIKA TAHINYA SUDAH DINGIN, NASIB PEMUDA GURU (SM3T) BAKALAN TERLANTAR!!! MANIS RENCANANYA, PAHIT DAMPAKNYA…. DUIT 2… SEMUA ORANG BUTUH DUIT… JADI PNS DARI DULU PERLU DUIT…!!! MAKANYA NEGARA JADI SARANG DEMIT>>!!!

  49. JAWARA

    kpd sdr. sucipto hadi purnomo, SING WIYATA 5 – 10 TAHUN ISIH AKEH..!!! KOK ORA DI URUSI!!! OPO DO KEPENGIN GOLEK RAI…!!!???

  50. iwan setiawan

    jangan jangan
    jangan
    jangan
    ini PENIPUAN… soalnya saya sudah mengakses situs resmi UNIMED medan, tapi informasi ini tidak ada, sepertinya UNNES yg paling mantap memberikan informasi ini.
    coba kawan_kawan akses dulu ke LPTK universitas lain.
    semoga aja bukan PENIPUAN.
    yg paling aneh saat kita klik tautan halaman UNIVERSITAS lain lewat situs ini malah kagak bisa.
    wowww moga2 bukan penipuan.

  51. iwan setiawan

    di unnes sudah bisa kita daftar online internet, tapi LPTK lain/ universitas lain kok tidak ada info tentang hal ini.
    jangan jangan !!! jangan jangan !!!! ini PENIPUAN. harusnya jika ini program ini bersifat resmi dan nasional maka sangat mudah buat CEKGU CEKGU ni kemudahan mengakses ini informasi dari LPTK LPTK yang lain. mohon penjelasan situs resmi hal berita ini di universitas ini jika ini adalah kerjasama sesama LPTK LPTK indonesia.

  52. iwan setiawan

    PENIPUANNNNN. DI LPTK LAIN SANGAT SULIT MENDAPATKAN INFORMASI SEDETIL INI. CUMA UNNES AJA YG DETAIL. JANGAN JANGAN INI ADA UDANG DIBALIK BATU, COBA KAWAN KAWAN BUKAK SITUS UNIVERSITAS LAIN/ LPTK LAIN YANG ADA INFORMASI SEDETIL DISINI. PASTI JAWABAN TIDAK ADA.
    PENIPUANNNNNNNNN

  53. dwi ari swandi

    kalau seandainya diterima, untuk pendidikan Matematika mengajar di SD/SMP/SMA,?? terus ada biaya yang harus dikeluarkan tidak,?
    terima kasih,

  54. JANGAN MAU JADI KELINCI PERCOBAANNYA DIKTI KAWAN
    MENDING YANG SUDAH WIYATA JANGAN IKUT PROGRAM INI
    CARI KERJAAN SSAMPINGAN YANG LAIN…
    HIDUP DI JAWA ADALAH YANG PALING NYAMAN….
    WASPADALAH
    WASPADALAH
    JEBAKAN BETMEN….

  55. mathias m.ola

    kami pernah kirim nama 50 orang dari Nusa Tenggara Timur lewat pengelola PPG Universitas Manado atas permintaan mereka tapi sampai dengan saat ini tidak ada berita lebih lanjut mohon info balik.

  56. Asslmlkm. Salam pendidikan. Bagaimana nasib atau kelanjutan dari peserta sm3t yang sudah mengabdi di daerah terpencil? apakah mereka akan diangkat menjadi cpns jika sudah mengabdi? trima ksih………..

  57. PRASETYO

    saya bersedia,,,demi mencerdaskan saudara-saudara se TANAH AIR saya akan bulatkan tekat untuk mengabdi pada negeri kita tercinta INDONESIA ………

  58. nonny

    Met siang pak. Sy mau bertanya pak, bagaimana kelangsungan nasib kami setelah program 3T dan PPG selesai? karena sekolah asal kami atau tempat kerja kami yang pertama pasti sudah merekrut tenaga kerja yang baru segera sesudah kami ikut program 3T. terima kasih

  59. Stlah sya mgabdi d daerah 3T trnyata bgt bnyk tntagan/pndritaan yg sya hdpu dsn sla 1.x sya prna dpukulu oleh wrga dsn cma krn irihati ats kcntkan,,, muda2hn dgn pgabdian sya ad masa dpan yg cerah jg yg dbrkan dri DIKTI

  60. sugik

    ternyata tdk ada kontrak dengan pihakkementrian bahwa peserta SM3T yg telah lulus PPG akan di PNS kan cuman sebagai langkah persuasif agar kiranya pemda memperioritaskan pengangkatan peserta SM3T, tpi yakin sja peluang i2 akan lebih besar untuk kawan2 peserta sm3T, SalamIndonesia maju bersama
    by: peserta sm3t 2012.

  61. cilmut

    wah, kesempatan seperti ini ko di bilang penipuan. kerjasama dengan dikti, diprioritaskan untuk pns. apalagi yang kurang? kenapa selalu memilih zona aman dan nyaman ketika zona tidak nyaman lebih berpeluang untuk menyukseskan kita. sarjana ko tak mau susah..
    semangat kakak2 sm3t..pahala dari Tuhan YME selalu mengiringi langkah mu. aamiin

  62. yunita

    kenapa sarjana pendidikan yang sudah menikah dilarang ikut SM-3T, padahal hal tersebut tidak akan menghalangi semangat seorang guru untuk mengabdi, saya rasa surat pernyataan diperbolehkan dari keluarga terdekat sudah menjadi hal yang seharusnya dibutuhkan. Saya rasa pihak yang berwenang dalam hal ini bisa memikirkan kembali tentang persyaratan yang satu ini!

  63. Arie Dwiyana

    Mohon informasi untuk angktan tahun 2013 apkah masih dibuka lagi untuk kesempatan ini?
    Untuk Fers Graduated ap diperbolehkan?
    Trmkci

  64. Dear All…
    pendaftaran ONLINE untuk program SM3T Sudah mao berakhir per 15 July 2013, silahkan akses ke Situs DIKTI…

    doakan buat yang berminat bisa lolos…

    Semoga kita bisa mengabdi untuk kemajuan pendidikan di indonesia.

  65. agyil syahril

    apakah setelah mengikuti sm3t dan ppg, peserta yg ikut akan mengganggur kembali, seperti sebelum mendaftar kegiatan tersebut diatas?
    trus bagaiman nasib yg dimiliki oleh guru honor yg mengikuti kegiatan ini, apkah dia tdak akan menjadi guru honor lagi di tempatnya setelah selesai dari semu kegiatan tersebut di atas? terima kasih

  66. Lisiantoro

    mohon infonya saya ingin daftar untuk pengiriman guru di daerah terpencil untuk tahun 2015 bagaimana masih ada apa tidak,trimakasih.

Leave a Reply

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

We are using cookies to give you the best experience. You can find out more about which cookies we are using or switch them off in privacy settings.
AcceptPrivacy Settings

GDPR

  • Privacy Policy

Privacy Policy

At unnes.ac.id, the privacy of our visitors is of extreme importance to us. This privacy policy document outlines the types of personal information that is received and collected by unnes.ac.id and how it is used.

Log Files

Like many other Web sites, unnes.ac.id makes use of log files. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, type of browser, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and number of clicks to analyze trends, administer the site, track user’s movement around the site, and gather demographic information. IP addresses and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.

Cookies

unnes.ac.id uses cookies to store information about visitors’ preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors’ browser type or other information that the visitor sends via their browser.

Third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on unnes.ac.id and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site’s third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.

unnes.ac.id has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.

You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. unnes.ac.id’s privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites.

If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers’ respective websites.

Consent

By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.

Update

This Privacy Policy was last updated on: 2023-02-14. Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.

Contact Us

If you have any questions, comments, or concerns about our Privacy Policy or our practices with regards to your personal information, please feel free to contact us through the contact form on our website or by emailing us at humas[at]mail.unnes.ac.id.

This Privacy Policy is intended as a general guide to our practices in collecting and using information. If there is any inconsistency between this Privacy Policy and the terms of the Service Agreement or any other terms that may apply to specific services you use, then those specific service terms shall apply.

Terms of Use

By using our website, you agree to abide by this Privacy Policy. If you do not agree with this Privacy Policy, please do not use our website. We reserve the right to update this Privacy Policy from time to time without prior notice. Please review our Privacy Policy periodically to check for changes. Your continued use of our website following the posting of changes to this Privacy Policy means that you accept the changes.

Thank you for reading our Privacy Policy. We are committed to protecting the privacy of our website visitors and will continue to update our Privacy Policy to ensure optimal protection.