Peringati Hari Menanam Nasional Tahun 2022, Mahasiswa Pendidikan IPS UNNES Menanam dan Merawat Pohon di Lingkungan Kampus

Monday, 28 November 2022 | 20:05 WIB


Peringati Hari Menanam Nasional Tahun 2022, Mahasiswa Pendidikan IPS UNNES Menanam dan Merawat Pohon di Lingkungan Kampus

Mahasiswa Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (UNNES) memperingati hari menanam nasional dengan melakukan penghijauan di lingkungan Kampus, Senin (28/11).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kongkrit dari konservasi sebagai visi besar Kampus Konservasi.

Dilansir situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), penetapan Hari Menanam Pohon Indonesia merujuk pada Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Keputusan yang ditandatangani Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memutuskan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia. Selain itu, dalam surat keputusan tersebut disepakati Bulan Menanam Nasional (BMN) pada bulan Desember.

Lebih lanjut Dosen Pendidikan IPS, Rudi Salam menyampaikan bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati setiap tahun pada tanggal 28 November. Tujuannya sebagai kampanye gerakan menanam pohon untuk penghijauan dan meningkatkan pelestarian lingkungan terutama di lingkungan Kampus.

Ozi mahasiswa Pendidikan IPS yang berasal dari Pangkalan Bun Kalimantan Tengah sebagai inisiator acara ini menyampaikan tujuan hari menanam pohon Indonesia di lingkungan Kampus dijadikan sebagai momentum untuk mengajak masyarakat agar semakin mencintai lingkungan.

Adapun tujuan lain dari Hari Menanam Pohon Indonesia adalah sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim global, mencegah degradasi.

“Tujuan menanam pohon ini adalah untuk mencegah deforestasi (peristiwa hilangnya hutan alam beserta dengan atributnya yang diakibatkan oleh penebangan hutan), mencegah kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan,” tutur Meika.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X