Peringati Hari Guru Nasional 2020, FIP Selenggarakan Webinar Nasional

Kamis, 26 November 2020 | 12:24 WIB


Peringati Hari Guru Nasional 2020, FIP Selenggarakan Webinar Nasional

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) selenggarakan Webinar Nasional dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2020 yang mengangkat tema Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar, Rabu (25/11).

Prof Dr Fathur Rokhman M Hum dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Webinar memperingati Hari Guru Nasional 2020 yang diselenggarakan FIP UNNES. Selain itu, Rektor UNNES mengajak bersama-sama untuk bangkit dalam semangat memuliakan guru di Indonesia.

“Mari kita membangkitkan semangat untuk memuliakan guru di Indonesia, yang kali ini diimplementasikan melalui kegiatan Webinar Hari Guru Nasional Indonesia yang diselenggarakan FIP, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena relevan dengan visi UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional,” kata Prof Fathur.

Dalam Webinar peringatan Hari Guru Nasional 2020 menghadirkan narasumber Prof Ace Suryadi MSc Ph D Ketua Lembaga Kajian Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pusat, Dr Rachmadi Widdiharto MA Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (GTK Dikdas) Kemdikbud RI, Dr Endang Widyorini MS Psikolog anak, Unika Soegijapranata) dan, Prof Dr Mungin EE MPd Kons Guru Besar FIP sekaligus Ketua Majelis Profesor UNNES.

Prof Ace Suryadi MSc Ph D Ketua Lembaga Kajian Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pusat dalam paparannya menyampaikan bahwa peran seorang guru di era Industri 4.0 dan Society 5.0 tidak akan tergantikan.
Lebih lanjut, Prof Ace mengatakan guru dan tendik dituntut untuk bisa memanfaatkan teknologi secara tepat.

“Teknologi tidak akan pernah menggeser peran seorang guru, karena sesungguhnya teknologi harus ada di tangan yang tepat dan dimanfaatkan secara tepat oleh guru,” kata Prof Ace.

Dr Rachmadi Widdiharto dalam paparannya memaparkan kemampuan memecahkan masalah sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan di era Revolusi Industri 4.0 tersebut.

Dr Endang Widyorini MS dalam paprannya membawakan materi berjudul Psikologi guru beban dan tantangan di masa pandemic, dan Prof Dr Mungin EE MPd Kons membawakan materi kontribusi Pelayanan Konseling Dalam Penyiapan Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Dekan FIP UNNES Dr Edy Purwanto MSi melaporkan bahwa setiap tahun FIP UNNES selalu memperingati hari guru dengan kegiatan sarasehan Pendidikan. Tujuannya sebagai ungkapan penghargaan terhadap jasa guru, dan melalui webinar dapat mencurahkan pemikiran inovatif, kritis untuk mencari permasalahan di bidang pendidikan yang akan membawa kemajuan bangsa.

“Kami laporkan Pak Rektor, setiap tahun FIP UNNES selalu memperingati hari guru pada tanggal 25 November yang kali ini diselenggarakan Webinar Nasional. Tujuannya diselenggarakan sebagai pengharagaan terhadap jasa guru yang telah mengajari kita ilmu yang bermanfaat,” ungkap Dekan FIP Dr Edy Purwanto MSi.

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 500 peserta baik melalui zoom dan live streaming Youtube.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X