Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Pengolahan Ikan Asap di Kelurahan Bandarharjo

Kamis, 7 November 2019 | 21:22 WIB


Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Pengolahan Ikan Asap di Kelurahan Bandarharjo
DOK/HUMAS

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kemitraan  Universitas Negeri Semarang (UNNES) di Kelurahan Bandarharjo telah melaksanakan salah satu program unggulan berupa pemberdayaan masyarakat melalui program PENGINSAP (Pelatihan Pengolahan Ikan Asap). Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi ikan asap yang melimpah di Kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang, Jumat (1/11).

Kelurahan Bandarharjo merupakan salah satu sentra penghasil ikan asap terbesar di Kota Semarang. Potensi tersebut seharusnya mampu dioptimalkan guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dengan adanya program ini diharapkan muncul produk-produk kreatif dan inovatif dari berbagai olahan ikan asap. Bahkan mampu memilika daya jual dan mampu dijual bebas untuk semua kalangan masyarakat di Kota Semarang.

Bapak Mingun Lurah Bandarharjo sangat mendukung kegiatan tersebut agar terus dikembangkan karena program tersebut sejalan dengan visi dan misi Kelurahan dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bandar Sejahtera untuk menuju Bandarharjo Sejahtera.

Melalui arahan dan bimbingan dari Pembimbing Lapangan Drs Sunyoto MSi, Tim KKN Kemitraan UNNES berhasil menghasilkan berbagai bentuk produk olahan ikan asap. Varian olahan seperti Abon Ikan Asap, Sambal Ikan Panggang, Spaghetti with Sambal mata Ikan Asap, dan Sandwich isi Ikan Asap. Semua program-program unggulan KKN Kemitraan ini juga telah sepenuh nya didukung oleh PT Indonesia Power.

Koordinator Mahasiswa KKN Kemitraan, Muhammad Royanul Mustofa menjelaskan bahwa program kerja ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat Bandarharjo khususnya KUB Bandar Sejahtera. Harapannya program ini dapat memfasilitasi pengolahan bahan baku ikan asap menjadi berbagai olahan ikan asap yang inovatif dan higienis. Kedepan juga diharapkan makanan ini mampu menjadi  salah satu produk oleh-oleh makanan Khas Kota Semarang yang berasal dari Bandarharjo.

 

Agung Setyo Nugroho (Student Staff)


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: