Niko Ade Saputra Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Berhasil Menjadi Pemenang Lomba Logo Dies Natalis ke-57 UNNES

Selasa, 8 Februari 2022 | 14:11 WIB


Niko Ade Saputra Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Berhasil Menjadi Pemenang Lomba Logo Dies Natalis ke-57 UNNES

Logo resmi Dies Natalis ke-57 Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah duluncurkan. Logo Niko Ade Saputra, mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), ini terpilih sebagai pemenang dalam lomba desain logo yang diselenggarakan UNNES beberapa waktu lalu.

Logo itu terpilih karena dinilai memenuhi unsur estetis dan memenuhi kriteria untuk menggambarkan semangat UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional.

Niko menyampaikan, Logo Dies Natalis ke-57 terinpirasi dari tugu pancasila di gerbang Utama UNNES

“Siluet ditengah adalah penyederhanaan dari burung Garuda yang sedang terbang mengelilingi dunia. Secara keseluruhan logo berbentuk mahkota, kobaran api (semangat), kepala burung garuda (kecerdasan), ulir, dan kepakan sayap yang menyerupai lembaran kertas/buku,” jelasnya.

Niko juga menambahkan, makna khusus siluet kepala burung garuda menandakan UNNES siap terbang dengan kecerdasan yang tinggi mendunia untuk menggapai tahun emas ditahun 2022 dan gambar penyederhanaan cakar menyerupai ulir bermakna mengenggam erat budaya asli lokal.

Lanjut, Garuda terbang dengan mengepakan sayap-sayap berupa lembaran-lembaran buku di angka 7 berarti UNNES senantiasa menjunjung tinggi Arum Luhuring Pawiyatan Ing Astanira sehingga UNNES melahirkan insan-insan cerdas dan berakhlak mulia sesuai UUD 45, pancasila, dan Tridharma Perguruan Tinggi.

Warna emas, merah, hijau, dan biru melambangan UNNES siap meraih tahun emas dengan tetap menjaga keseimbangan alam dan toleransi satu sama lainya.

Secara keseluruhan juga berbentuk kobaran api yang melambangkan semangat civitas akademika UNNES untuk mewujudkan tahun emas UNNES 2022 dengan menjunjung 3 pilang konservasi: Nilai dan karakter, Seni dan budaya, Sumber daya alam dan lingkungan, tegasnya.

Kepala UPT Humas Muhamad Burhanudin SS MA menjelaskan, sampai batas akhir penutupan lomba tercatat ada 73 peserta. Dari jumlah tersebut kemudian di seleksi oleh tim Humas dan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Bahasa dan Seni menjadi 20 besar. Kemudian 25 Logo telah diseleksi menjadi 10 besar oleh Tim dari Seni Rupa, dan mendapatkan 3 logo terbaik yang di seleksi langsung oleh pimpinan universitas yakni Rektor dan Wakil Rektor UNNES.

Terpilihlah pemenang lomba logo yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 3.000.000,00. Pemenang tersebut ialah Niko Ade Saputra. Unntuk juara 2 diraih Mahasiswa Pendidikan Senirupa Carsita dan Juara 3 mahasiswa Georigrafi atas nama Abdul Ghoni.

“Keputusan panitia bersifat mutlak dan final. Untuk informasi selanjutnya, mahasiswa yang bersangkutan akan dihubungi secara langsung,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X