Membangun Banjarharjo Brebes Melalui KKN Terpadu

Kamis, 18 Juli 2019 | 15:57 WIB


Membangun Banjarharjo Brebes Melalui KKN Terpadu

Sinergi yang terbangun kokoh dengan perguruan tinggi ikut berperan penting dalam keberhasilan pembangunan. Hal ini disadari sepenuhnya oleh pemerintah Kabupaten Brebes, khususnya Kecamatan Banjarharo yang menggandeng 4 perguruan tinggi UNNES, UPI, UNY dan UNJ melalui program KKN Terpadu. Bertempat di aula Kabupaten Brebes, Senin tanggal 15 Juli 2019, 341 mahasiswa resmi diterjunkan dari 4 PT tersebut di atas dengan rincian 240 mahasiswa UNNES, 51 mahasiswa UPI, 30 mahasiswa UNY, dan 20 mahasiswa UNJ. 

Hadir dalam acara tersebut adalah Camat Banjarharjo, Warsito Eko Putro, S.Sos, M.Si, Kepala LP2M UNNES Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd beserta dosen pembimbing lapangan (DPL) UNNES, perwakilan LPPM UPI dan DPL, Perwakilan LPPM UNY beserta DPL, perwakilan UNJ beserta DPL, Babinsa dan 25 kepala desa di Banjarharjo. 

Dalam sambutannya selaku koordinator KKN Terpadu, Ketua LP2M UNNES, Dr. Suwito Eko Pramono, M.Pd, menyampaikan bahwa KKN kali ini difokuskan pada pemberdayaan masyarakat yang menggarap 4 bidang yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan guna membantu mengatasi permasalahan ataupun menggali potensi desa. Bidang pendidikan dipusatkan pada Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) mengingat angka putus sekolah di Banjarharjo cukup tinggi. Bidang kesehatan difokuskan untuk menangani masalah stunting, sedangkan lingkungan diharapkan bisa membantu mengatasi masalah sampah. Di akhir sambutannya Suwito menegaskan bahwa program kerja mahasiswa hendaknya berkelanjutan dan tidak berhenti saat KKN selesai. 

Sementara itu, Camat selaku perwakilan Baperlitbangda menambahkan bahwa gerakan kembali sekolah tujuannya tidak semata mengembalikan anak putus sekolah ke bangku sekolah, namun juga mengajak anak yang belum mengenyam pendidikan untuk mau bersekolah. Adapun ketua FMPP (Forum Masyarakat Peduli Pendidikan) menegaskan perlunya mahasiswa KKN untuk mengenal dan bekerjasama dengan FMPP. 


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 240 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X