Memaknai Nuzulul Quran, Meraih Kemuliaan di Bulan Suci Ramadan

Senin, 4 Juni 2018 | 9:50 WIB


Memaknai Nuzulul Quran, Meraih Kemuliaan di Bulan Suci Ramadan
HUMAS/DOK

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh kemuliaan, pada bulan ini terjadi suatu peristiwa besar dalam sejarah Islam yakni Nuzulul Quran. Untuk memperingati peristiwa tersebut, digelar Pengajian Ahad Pahing di Rumah Dinas Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jalan Kelud Raya, Minggu malam (3/6).

Hadir para pejabat UNNES beserta Dharma Wanita dan beberapa perwakilan mahasiswa. Kegiatan tersebut diawali dengan Salat Isya, Salat Tarawih dan Salat Witir berjamaah dilanjutkan sambutan Rektor UNNES dan ditutup dengan tausiyah dari KH Drs Shodiqin.

Pada sambutannya, Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengucap syukur pada Allah SWT atas capaian prestasi dan reputasi yang berhasil diraih UNNES sejauh ini. Beliau menerangkan bahwa segala capaian itu dapat diraih karena tiga kata kunci utama. Pertama ialah kebersamaan (guyub); kedua, integritas (kesungguhan); dan ketiga, kerja nyata.

“Malam ini mari kita berdoa agar UNNES terus meraih kemuliaan, kecemerlangan, membawa sinar bagi seluruh warga UNNES. Sinar kebahagiaan, sinar kesejahteraan, dan sinar kemuliaan dalam ilmu yang mampu menyinari warga di sekitar UNNES, menyinari Indonesia bahkan menyinari dunia”, ucap Profesor Sosiolinguistik tersebut.

Pada tausiyah kali ini, KH Drs Shodiqin menerangkan keutamaan membaca Al Quran dan menjalankan ibadah puasa serta mengimbau warga UNNES untuk mengamalkannya supaya doa-doa dan harapan dapat terwujud.

Dijelaskan pula peristiwa Nuzulul Quran berkaitan dengan Lailatul Qadar sebagaimana ditilik dari pendapat ahli bahasa mengenai Surat Al Qadr ayat 1, artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar” yang dikaitkan dengan Surat Al Alaq ayat 1 yang artinya “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan”.

Kesimpulannya yakni manusia yang akan mendapat Lailatul Qadar adalah mereka yang menyebut Asma Allah dalam setiap langkahnya. Terakhir, beliau berdoa semoga segala amalan yang sudah kita lakukan diterima oleh Allah SWT.

(Annisa Azizatul I & Moh Iqbal Gunawan – Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 314 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X