Mahasiswa Unnes pun Bisa Ambil SKS di UNY

Jumat, 21 Januari 2011 | 21:32 WIB


Mahasiswa Unnes pun Bisa Ambil SKS di UNY
HUMAS/SIHONO

Anda mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan sesekali ingin mengambil beberapa sistem kredit semester (SKS) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)? Kini, keinginan itu bakal segera terwujud.

Bahkan tidak hanya di UNY, tetapi juga di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Misalnya Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, ataupun Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Apa sebab? Dalam pertemuan para rektor PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama PTN-Kopertis Se-Jateng dan DIY, Jumat (21/1), di Hotel Gumaya Semarang, telah disepakati segera diwujudkannya credit transfer system (CTS). “Dengan sistem ini, mahasiswa Unnes bisa ambil SKS di UNY, Unsoed, UNS, atau PTN di kota lain, begitu sebaliknya,” kata Ketua BKS Prof Dr Rochmat Wahab MPd MA yang juga Rektor UNY di depan belasan wartawan. Saat jumpa pers, Prof Wahab didampingi Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi PhD, dan Rektor UNS. Prof Dr M Syamsulhadi SpKj.

Menurut para rektor, kesepakatan tersebut sebagai bukti pengakuan adanya kesetaraan di kalangan PTN se-Jateng dan DIY. “PTN di dua provinsi ini berada di level atas nasional. Alangkah indah jika kemudian diwujudkan dalam program ini. Kita setara dan ingin selalu dalam satu kesatuan. Sepanjang akreditasi program studinya beriringan, A atau B, tak masalah,” tandas Prof Wahab dalam acara yang diselenggarakan Unnes itu.

Adapun Prof Sudharto mengingatkan, kerja sama seperti itu bukannya belum sama sekali dilaksanakan. “Lama sudah kami saling join supervisor. Namun kini, jalinan itu akan kita tingkatkan pada mahasiswa. Akan kita intensifkan juga saat terjadi bencana,” katanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

68 komentar pada “Mahasiswa Unnes pun Bisa Ambil SKS di UNY

  1. kayaknya bakalan lebih menarik…mngkin bisa saling melengkapi kekurangan yg kita miliki…misal saja studi kasus jurusan saya desain komunikasi visual…laboratorium komputer dngan standart komputer khusus grafis pun g pnya…ruang multimedia ad mata kuliah video kamera msih pkai mini dv…pdahal pelopor jurusan dkv d smrang pertama….y brang kali dengan dbukanya sistem ini mhsiswa dkv bnyak yg akn mengambil sks d UNS solo…krena fasilitas mereka lebih lengkap dr pada kita tur “DOSENYA” LEBIH BERKOMPETEN..bukan asal comot…lulusan apa ngajar apa..hidup unnes sutera…

  2. Bagaimana kalau diwujudkan lebih dulu di kalangan dalam Unnes? Misalnya, mahasiswa FT mengambil kuliah Fisika di MIPA sebaliknya mahasiswa MIPA mengambil kuliah Elektronika di FT. Dengan begitu, tidak perlu Fakultas Teknik (atau bahkan Jurusan-jurusan di Fakultas Teknik) memiliki (‘memelihara’) dosen matematika khusus FT, dosen fisika khusus FT, dan seterusnya. Lebih efisien dan lebih memperluas wawasan baik dosen maupun mahasiswanya.

  3. Beautiful, mungkin ini bisa dijadikan bagian kecil dr bechmarking yg didpt via mhs pelaku untk peningkatan mutu scr terus menerus bagi PTN-PTN tersebut. Selamat, terus maju untuk mewujudkan pendidikan yg benar-benar bermutu dan bermutu yg benar.

  4. kerja sama yang sangat bagus, semoga saya sudah masuk semester delapan ini bisa ikut merasakan. ingin rasanya sesekali mencoba ke UNS atau k UNY…, terimakasih

  5. excellent..subhanallah,jadi ini ternyata yang dibahas kemarin jumat, saya sangat senang mendengar kabar ini, terus majukan pendidikan Indonesia terutama perguruan tinggi se-Jateng DIY!

  6. Great!! sebuah peringkat yg sangat menarik. .
    bakalan bisa nambah pengalaman kuliah dg inovasi baru dan menarik. . ^o^

  7. sepertinya menarik…kami mahasiswa PGSD barangkali akan mencoba ke solo atau jogja, mungkin papan tulis di sana bisa dihapus setelah digunakan untuk menulis…..

  8. mudah-mudahan saja mahasiswa prodi bahasa Prancis bisa segera “menjajal” ilmu-ilmu yang ada di UNY dan UGM. amin…

  9. amien…..apik kyak’e
    kita bisa share bareng……dan banyak ilmu yang tak terduga
    tp kpan itu bisa dirasakan????
    semoga cepat terealisasikan…..
    UNNES setara….^_^

  10. saat ini saya kuliah di PKG PGPJSD FIK UNNES smester 1. yang saya ingin saya tanyakan
    1. saya pernah kuliah d PGSD penjaskes dr D2 ke S1. apakah nilai kuliah yang selama di UNY bisa di tranfers ke UNNES??
    saat ini saya bekerja di lingkungan Pemerinah jawa tengah mohon keteranganya.. terima kasih

  11. Alhamdulilllah,,,
    sangat membantu sekali bila terjadi bencana dsb. dan jg sbg jembatan kekerabatan PTN di Jateng n DIY.
    kami tunggu info selanjutnya, moga cepat terealisasi.
    Amin.

  12. congratulation for UNNES on its new innovation. Mari kita bangun terus kualitas manajemen pendidikan di Jateng DIY. Kita tunjukkan ke dunia bahwa kita mampu bersaing. Maju terus dan sukses Amin.

  13. mala jd bingung? Bwt cal0n mhasiswa bAru kyk aq ini, lbh bguznya mzuk universitas mNa? Unes,uny ap uns? Kzh saran dunx?Makasiii:)

  14. Berita bagus untuk kami yang berdomisili di karisedenan Surakarta dan DIY.
    saya sangat setuju, apakah ada semester pendek di UNS atau UNY?
    Kemudian, apakah PG-PAUD dapat mengambil SKS di salah satu PTN tersebut?
    Saya masih bingung soal administrasi apabila akan mengambil SKS di UNS atau UNY. Tolong di jelaskan secara detail dan lengkap. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X