Mahasiswa FIP UNNES Praktik Profesi di Karimunjawa

Rabu, 23 Mei 2018 | 8:49 WIB


Mahasiswa FIP UNNES Praktik Profesi di Karimunjawa
HUMAS/DOK

Sebanyak 21 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan dan Konseling Fukultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan kegiatan konseling lintas budaya di Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah tanggal 2 – 5 Mei 2018.

Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Konselor Drs Suharso MPd Kons menyampaikan, konseling lintas budaya ini merupakan kegiatan komprehensif utamanya untuk menguatkan kompetensi profesional serta memantapkan kompetensi pedagogik, sosial, dan kepribadian calon konselor profesional.

Suharso menjelaskan, mahasiswa yang praktik ini sedang menempuh pendidikan profesi konselor untuk menjadi konselor profesional yang setelah lulus mendapat anugrah gelar konselor (Kons) yang siap memberikan layanan konseling pada setting sekolah maupun setting luar sekolah.

Ke-21 mahasiswa Angkatan XI itu didampingi enam dosen pendamping Drs Suharso MPd Kons, Drs Heru Mugiharso MPdKons, Dr Awalya MPd Kons, Kusnarto Kurniawan MPd Kons, dan Afriyadi Sofyan SPdI MPd Kons melakukan kegiatan identifikasi budaya di enam suku (Bajo, Bugis, Jawa, Madura, Mandar, dan Buton) yang berada di Karimunjawa.

Selain konseling lintas budaya, mahasiswa juga melakukan konseling di sekolah yaitu memberikan kegiatan klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, serta konseling individu di SMPN 1 Karimunjawa dan di MA NU Kemojan.

Kemudian, para calon konselor juga melakukan berbagai macam layanan bimbingan dan konseling di acara berbagai pengajian ibu-ibu, perkumpulan nelayan ‘Sari Laut’ desa Kemojan, perkumpulan remaja, Puskesmas, PKK, dan para pengantin serta calon pengantin yang dikoordinir oleh Kantor Urusan Agama setempat.

Sebelumnya, rombongan diterima oleh Sekretaris Camat Karimunjawa Nur Sholeh SE di kantor Kecamatan Karimunjawa. Nur Sholeh mengucapkan selamat datang di Karimunjawa dan memaparkan kondisi geografis serta sosiologis masyarakat Karimunjawa.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Program Studi Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan dan Konseling UNNES dengan Kecamatan Karimunjawa melaksanakan kegiatan dengan masyarakat dan sekolah yang dikemas dalam kegiatan praktik profesi.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 360 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X