LPPM UNNES Luncurkan Rintisan PUI

Kamis, 5 September 2019 | 11:31 WIB


LPPM UNNES Luncurkan Rintisan PUI
BARTA/HUMAS

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (UNNES) meluncurkan tiga rintisan Pusat Unggulan Iptek (PUI) yakni PUI Pangan Fungsional, PUI Ramah Anak, dan PUI Energi Hibrid, Rabu (4/9/2019) di Gedung LPPM Kampus Sekaran Gunungpati.

Kepala LPPM UNNES Dr Suwito Eko Pramono MPd menyampaikan, kegiatan riset-riset unggulan di lingkungan UNNES ini perlu diwadahi dalam bentuk pusat-pusat riset sehingga para peneliti multidisiplin keilmuan, bisa fokus untuk menghasilan luaran-luaran penelitian yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan serta produk teknologi yang bisa langsung dihilirisasikan.

Suwito juga mengemukakan, dengan diluncurkannya PUI ini, diharapkan penelitian yang dilakukan  bisa lebih fokus dan terarah, sesuai dengan sub tema yang ditawarkan.

Suwito menjelaskan, walaupun hanya tiga rintisan yang diluncurkan namun sub-subnya banyak, dari PUI  Pangan Fungsional, PUI Ramah Anak, dan PUI Energi Hibrid.

Rektor Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat membuka menyampaikan saat ini Unnes, berada diirisan sebagai teaching university dan riset university. Untuk itu, titik keilmuan menjadi pijakan yang kuat bagi perguruan tinggi untuk mengembangkan sayapnya.

Perguruan tinggi bisa maju takala sumber daya manusia (SDM) bertumpu pada titik pijak keilmuan. Tidak hanya dipelajari, namun juga harus diamalkan agar bermanfaat bagi khalayak.

Prof Fathur berpesan kepada dosen UNNES untuk selalu meningkatkan inovasi, produktifitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Sehingga, lanjut Prof Fathur, melalui PUI ini, meski baru rintisan, namun sudah menjadi langkah maju dalam meningkatkan hasil penelitian yang dihasilkan. Tidak hanya berhenti pada paten atau hak cipta saja, namun juga bisa dihilirisasi sehingga mampu bermanfaat bagi masyarakat luas.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 428 kali
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X