Laboratorium Kalibrasi UNNES Ikuti Peringatan Hari Akreditasi Internasional

Rabu, 26 Juni 2019 | 13:22 WIB


Laboratorium Kalibrasi UNNES Ikuti Peringatan Hari Akreditasi Internasional

Perwakilan Universitas Negeri Semarang (UNNES) melalui Laboratorium Kalibrasi (Lab Kal) FIK UNNES mengikuti  Temu Nasional Pemangku Kepentingan Bidang Akreditasi sekaligus Peringatan Hari Akreditasi Dunia (WAD) 2019 .

Peringatan itu berfokus pada tema “Accreditation: Adding Value to Supply Chains”. 

Lab Kal FIK UNNES juga menjadi salah satu dari 43 Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) penerima sertifikat yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang juga Ketua Komite Akreditasi Nasional (KAN) Prof. Dr. Ir. Bambang. Prasetya, M.Sc.

Sementara itu, Deputi Bidang Akreditasi BSN sekaligus Sekretaris Jenderal KAN, Kukuh S. Ahmad mengatakan, sampai dengan April 2019, KAN telah mengakreditasi 2.057 LPK yang terdiri dari 1.675 laboratorium (1315 laboratorium penguji, 278 laboratorium kalibrasi, 64 laboratorium medik, 18 penyelenggara uji profisiensi / uji banding antara laboratorium), 96 lembaga inspeksi dan 286 lembaga sertifikasi untuk berbagai skema.

Skema tersebut di antaranya skema akreditasi untuk sistem manajemen mutu SNI ISO 9001, sertifikasi produk, sertifikasi person, dan lain-lain.

Menristekdikti  Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Akt menyinggung tema WAD 2019 yaitu dengan akreditasi memungkinkan pelaku bisnis untuk berintegrasi ke dalam rantai pasok global, dengan membuktikan mutu produk melalui “bahasa teknis” yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan antar mitra bisnis.

Dunia pendidikan tinggi khususnya berperan penting dalam salah satu rantai pasok dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan siap untuk berkontribusi memberikan nilai tambah. Salah satu kelebihan perguruan tinggi negeri badan hukum (PTNBH) adalah keleluasaannya untuk menyiapkan program studi yang dibutuhkan masyarakat dengan bekerja sama dengan sektor industri.

Kepada Humas UNNES, Manjer Teknik Lab Kal FIK UNNES Rudatin Windraswara juga menyampaikan   bahwa Lab Kalibrasi FIK UNNES sebagai laboratorium UNNES pertama yang mendapatkan sertifikat akreditasi laboratorium kalibrasi 17025 dari KAN, menawarkan kalibrasi alat milik fakultas atau jurusan di lingkungan UNNES secara GRATIS selama Juni-Agustus 2019.

Info lebih lanjut terkait hal ini bisa menghubungi Sdr Wijil/ Sdr Zakwan melalui nomor telepon 081328222278.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 188 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X