Kuatkan Internasionalisasi, Tim Penelitian UNNES Adakan Riset di Tiongkok

Senin, 21 Mei 2018 | 12:31 WIB


Kuatkan Internasionalisasi, Tim Penelitian UNNES Adakan Riset di Tiongkok

Sebagai upaya meningkatkan reputasi internasional Universitas Negeri Semarang (UNNES) terutama dalam bidang penelitian, beberapa dosen UNNES yang dimotori oleh Prof Dr Hardi Suyitno MPd, Prof Dr Zaenuri MPd, dan Prof Totok Sumaryanto MPd baru-baru ini, selama 10 hari bertolak kenegeri tirai bambu Tiongkok tepatnya di kota Guilin untuk melakukan riset international dengan topik sesuai keilmuan masing-masing peneliti.

Ada 3 fokus penelitian yang dilakukan dalam program ini, yang pertama adalah studi analisa terkait dengan penerapan nilai-nilai karakter pada proses pembelajaran yang dilakukan di perguruan tinggi di Guangxi Normal University dengan tim peneliti yang terdiri atas Prof Dr Hardi Suyitno, MPd (FMIPA), Dr Rochmad MSi (FMIPA), dan Endang Sugiharti SSi MKom (FMIPA).

Topik penelitian yang kedua adalah penerapan etno matematika di perguruan tinggi di tiongkok dengan tim peneliti yang terdiri atas Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt (FMIPA), Dr Nurkaromah Dwidayati MSi (FMIPA) dan Dr Amin Suyitno (FMIPA).

Fokus yang ketiga adalah studi perbandingan model evaluasi pada proses pembelajaran mahasiswa di tiongkok dengan tim yang terdiri atas Prof Dr Totok Sumaryanto MPd (FSB), Farid Ahmadi MKom PhD (FIP), Prof Dr Priyantini W (FMIPA), dan Dr Lisdiana (FMIPA).

Proses penelitian ini dilakukan dalam beberapa mekanisme, diantaranya dengan melakukan Forum Group Discussion (FGD) dengan mahasiswa lokal dan internasional di Mathematic Faculty Guangxi Normal University China.

Selain itu juga dilakukan interview dan observasi dengan beberapa mahasiswa, guru, dan pengelola pendidikan di Guangxi Normal Univeristy.

Diharapkan dalam penelitian ini akan menghasilkan referensi mutkahir terkait dengan pengembangan nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran di Indonesia khususnya di Universitas Negeri Semarang yang akan dituangkan dalam publikasi internasional dan buku referensi oleh masing-masing tim peneliti.

Sebuah harapan besar dalam kegiatan ini adalah terciptanya iklim riset yang berkualitas di lingkungan Universitas Negeri Semarang dengan melakukan penelitian-penelitian skala internasional sebagai referensi dalam mengembangkan kampus UNNES yang bertaraf international.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan kesepakatan kerjasama antara UNNES dan GXNU yang dituangkan dalam nota kesepahaman bersama untuk mendukung peningkatan kualitas bersama.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 406 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X